image 1

Tidung

Petugas Temukan Tahu Mengandung Formalin di Pulau Untung Jawa

Kategori | Perekonomian
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 08 Mar 2016
Dilihat | 940x


Petugas Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Provinsi DKI Jakarta melakukan pemeriksaan mutu ketahanan pangan di Kabupaten Kepulauan Seribu. Hasilnya, ditemukan tahu yang mengandung zat berbahaya seperti formalin di Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

"Dari hasil tes laboratorium kita temukan tahu positif berformalin di Pulau Untung Jawa. Tahu berformalin tersebut di dapat dari luar pulau. Makanan yang mengandung formalin terpaksa kita sita," ungkap Darjamudi, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Selasa (08/03/2016).

Darjamudi menjelaskan, tahun 2016 ini Dinas KPKP DKI Jakarta di targetkan memeriksa untuk seluruh pasar-pasar tradisional dan modern serta sentra-sentra perikanan yang akan di lakukan mulai awal Maret sampai dengan September 2016.

"Kita tidak boleh melakukan diskriminasi, kita juga melakukan keamanan pangan di Pulau Seribu, kita baru dapat masukan data bahwa ada tujuh warung yang dianggap besar yang menjual berbagai macam produk-produk pangan," katanya.

Dari ketujuh warung tersebut ada di Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung dan Pulau Pramuka. Adapun jenis makanan yang diperiksa seperti otak-otak, tahu dan ikan asin.

"Untuk pemeriksaan di Pulau Seribu, tim kami berpencar untuk mencari bahan-bahan makanan yang berpotensi memakai bahan pengawet seperti formalin atau boraks. Data sementara, baru di Pulau Untung Jawa yang ditemukan makanan jenis tahu mengandung formalin" paparnya.

 

 

Reporter  : Ahmad Zarkasih

Editor       : Zaini Miftah                    


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Petugas Temukan Tahu Mengandung Formalin di Pulau Untung Jawa" ?