image 1

Tidung

Kanwil Kemenkumham DKI Gelar Sosialisasi HAM Bagi Pelajar SMAN 69

Kategori | Perekonomian
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 30 Mar 2016
Dilihat | 958x


Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi DKI Jakarta menggerlar Sosialisasi Diseminasi Hak Asasi Manusia bagi para pelajar Sekolah Menegang Atas Negeri (SMAN) 69 di Aula SMAN 69, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, Rabu (30/03/2016).

Firdaus, Kepala Bidang Hukum dan HAM DKI Jakarta mengatakan, kegiatan ini diberikan kepada anak sekolah terhadap bahayanya ekploitasi anak dan pelecehan anak yang melanggar undang-undang perlindungan anak Nomor 23 tahun 2004.

"Bagaimana peran orang tua, pemerintah agar tidak terjadi kekerasan maupun pelecehan. Pasalnya akhir-akhir ini informasi tentang pelecehan dan kekerasan sering sekali di beritakan," ungkap Firdaus.

Ia menjelaskan, pelecehan anak sekarang ini begitu masif di wilayah DKI Jakarta. Dengan adanya kegiatan ini para pelajar dapat lebih memahami apa arti HAM dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya untuk keperluan pengetahuan saja tetapi untuk diimplementasikan melalui sikap dan perbuatan.

"Tujuan agar siswa-siswi dapat memahami materi tentang HAM, Hak dan Kewajiban Warga Negara, menjelaskan pelaksanaan HAM di Indonesia serta menambah pengetahuan tentang HAM,"tuturnya.

Ia menambahkan, HAM merupakan hak dasar yang melekat dalam setiap manusia kedudukannya sangat kuat dan di bukukan dalam konstitusi kita UUD 1945, karena Pemerintah mengemban kewajiban mengakui dan melindungi hak azasi setiap manusia tanpa terkecuali.
 
"Begitu juga setiap orang wajib mengemban kewajiban mengakui dan menghormati hak asasi orang lain, karena kebebasan setiap orang dibatasi kebebasan hak azasi orang lain dengan akal budi dan nurani itu manusia bebas memutuskan sendiri untuk bertindak dan bertanggung jawab atas perilaku atau perbuatannya," katanya.

Diharapkan, pada kegiatan tersebut dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para pelajar yang dapat diterapkan serta diimplementasikan pada diri sendiri dan kehidupan sehari-hari.

"Karena para pelajar adalah penerus bangsa yang kelak akan menjadi pengganti generasi terdahulu, keberhasilan kami adalah apabila semua berhasil melampui apa yang di raih," ujarnya.

 

Reporter : Ahmad Zarkasih
Editor      : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kanwil Kemenkumham DKI Gelar Sosialisasi HAM Bagi Pelajar SMAN 69" ?