image 1

Tidung

Pemkab Gelar Pembinaan Pemberdayaan Perempuan

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 20 Apr 2016
Dilihat | 953x


Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kepulauan Seribu menggelar kegiatan Pembinaan Pemberdayaan Perempuan di Gedung Sasana Wisata, Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Rabu (20/04/2016).

Pembinaan dilakukan dalam rangka meningkatkan kedudukan, peran, dan kualitas kaum perempuan serta upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kepala Bagian Kesra Kepulauan Seribu, Eko Witarso mengatakan, kegiatan ini dipandang perlu untuk menyamakan pemahaman dalam menempatkan pengarusutamaan gender pada posisi prioritas dalam berbagai kebijakan, meningkatkan pemahaman bagi perencana program di Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) di Pemkab Kepulauan Seribu.

"Untuk mewujudkan upaya kesetaraan gender ada beberapa makna yang perlu dipahami diantaranya, dengan tidak membedakan perempuan dan laki-laki untuk mendapatkan dan menikmati hasil pembangunan serta berpartisipasi dalam pembangunan," ungkapnya.

Hal ini jug, kata Eko harus memperhatikan pembagian kerja menurut gender, memahami bahwa Kepulauan Seribu memiliki keragaman budaya, hak serta kedudukan yang setara antara laki-laki dan perempuan dijamin oleh hukum serta memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal yang spesifik dari setiap kelompok.

"Tingginya kasus kekerasan terhadap perempuan yang saat ini didominasi oleh traficking atau perdagangan manusia. Solusi yang paling tepat untuk merubah mainset seluruh masyarakat supaya kekerasan terhadap perempuan dan anak yaitu dengan kekuatan agama dan ekonomi. Jika agama dan ekonomi mereka kuat, otomatis kekerasan tidak akan terjadi," pungkasnya.



Reporter : Ahmad Zarkasih
Editor      : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pemkab Gelar Pembinaan Pemberdayaan Perempuan " ?