image 1

Tidung

Hindari Makan Gorengan Saat Berbuka Puasa

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 11 Jun 2016
Dilihat | 1044x


Jangan salah memilih makanan saat berbuka puasa, salah satunya gorengan. Mungkin karena praktis, padahal menurut pakar kesehatan gorengan tidak ideal sebagai menu berbuka puasa.

Kasudin Kesehatan Kepulauan Seribu, Mirsad mengatakan, puasa bisa membuat seseorang lebih ingin makan makanan yang enak di lidah seperti gorengan, selain enak juga memiliki rasa gurih, asin dan manis.

“Gorengan tidak bisa mengembalikan kadar gula darah yang hilang saat puasa dengan cepat. Akibatnya, orang cenderung makan gorengan dalam jumlah banyak,” ucap Kasudin Kesehatan Kepulauan Seribu, Mirsad, Sabtu (11/06/2016).

Selain itu, Mirsad menambahkan, gorengan memiliki tinggi kandungan lemak dari minyak goreng yang akan menyumbang kalori tinggi pada tubuh dan memicu terjadinya lemak tubuh alias kegemukan.

"Sah-sah saja makan gorengan untuk berbuka puasa, tetapi gorengan memiliki sedikit nilai gizi dan berisiko menyebabkan radang tenggorokan jika dimakan terlalu banyak. Kalau untuk gorengan sih lebih lapar mata aja. Nggak puasa aja kita bisa banyak gorengan apalagi saat puasa seperti ini," ungkapnya.

Menurut Mirsad, daripada gorengan, buah-buahan lebih baik untuk berbuka puasa. Selain tinggi serat buah seperti semangka atau jeruk mengandung cairan yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat puasa.

"Lebih baik berbuka dengan buah-buahan saja karena banyak cairan mineral yang baik untuk tubuh," terangnya.

 

Reporter : Ahmad Zarkasih
Editor      : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Hindari Makan Gorengan Saat Berbuka Puasa" ?