image 1

Tidung

Ratusan Penyu Sisik Dilepasliarkan di Pantai Pulau Sebira

Kategori | Umum
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 17 Jun 2016
Dilihat | 948x


Sebagai wujud kepedulaian dan pelestarian, ratusan penyu sisik dilepasliarkan di pantai Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara.  

Ketua kelompok konservasi penangkaran penyu shelter, Angun mengatakan awal berdirinya penangkaran penyu sisik karena banyak penyu di Pulau Sebira yang dikonsumsi dan dijual oleh warga setempat. Namun dengan diberikan penjelasan dan di bina mereka mulai sadar dan melestarikan.

"Sudah hampir 1 tahun kita kelola kelompok penangkaran penyu sisik ini dan hasil dari swadaya masyarakat," ungkap Angun, Jumat (17/06/2016).

Ia mengatakan, penangkaran penyu dikelola atas rasa kepedulian bahwa penyu merupakan satwa yang dilindungi. Semua penyu ini didapat disekitaran pantai Pulau Sebira.

"Kita tidak bisa menyalakan mereka (warga). Karena mereka awam pengetahun. Namun saat ini mereka sudah mulai menyadari bahkan bila menemukan telur penyu langsung diserahkan kepada kami," katanya.

Untuk sarana dan prasarana, kami kelola secara swadaya dari masyarakat, ada yang nyumbang kayu, asbes dan semen. Sedangkan alat-alat penangkaran semua kita pinjam-pinjam sama warga setempat.

"Alhamdulillah setahun kita sudah 3 kali lepas liarkan penyu-penyu sisik, termasuk pada saat kunjungan Presiden RI, Joko Widodo kita sumbangkan 100 ekor penyu sisik,” tandasnya.



Reporter : Saeful Bahri
Editor      : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Ratusan Penyu Sisik Dilepasliarkan di Pantai Pulau Sebira " ?