image 1

Tidung

KPAK Lakukan Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan di Sekolah

Kategori | Seni Dan Budaya
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 03 Aug 2016
Dilihat | 973x


Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten (KPAK) Kepulauan Seribu melakukan pembinaan pengelolaan perpustakaan dan arsip di tiap sekolah di wilayah Kepulauan Seribu.

“Pembinaan kearsipan dilakukan agar sekolah di Pulau Seribu lebih rapi dalam menyimpan arsip. Apalagi arsip yang dimiliki berisi dokumen penting tentang siswa dan sekolah,” ungkap Kepala Sub Bidang Kearsipan KPAK Kepulauan Seribu, Mafindi, Rabu (03/08/2016).

Pembinaan dilakukan bukan berarti konotasi arsip yang ada di Pulau Seribu buruk, akan tetapi memang harus mulai ditata sesuai pedoman klasifikasi.
Selain sesuai pedoman klasifikasi, sambung Mafindi kearsipan juga harus di sesuaikan dari jadwal retensi arsip dan tata naskahnya. Serius mengelola arsip membutuhkan tenaga kearsipan dan sarana prasarana yang memadai.

"Arsip harus butuh tenaga arsiparis yang handal dan arsiparis di Pulau Seribu harus dilakukan pembinaan secara intensif, pendampingan serta magang untuk arsiparis," ungkapnya.

Ia berharap, melalui pembinaan ini para pengelola perpustakaan sekolah bisa memahami pedoman pengelolaan perpustakaan serta mengkaji berbagai permasalahan yang dihadapi di perpustakaan sehingga perpustakaan bisa menjadi sumber informasi.

"Selain itu mampu mengembangkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di perpustakaan serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana penunjang layanan perpustakaan," tandasnya.




Reporter : Ahamd Zarkasih  
Editor      : Zaini Miftah



POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "KPAK Lakukan Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan di Sekolah " ?