image 1

Tidung

Puskesmas Pulau Panggang Lakukan Pemantauan PSG

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 09 Aug 2016
Dilihat | 986x


Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, melakukan pemantauan status gizi (PSG) balita, ibu hamil dan remaja.

"Ini merupakan program untuk mendapatkan informasi mengenai status gizi balita yang dilakukan oleh tenaga terlatih pelaksana gizi dibantu bidan dan kader setempat," ujar Sri Ratnah Kepala Puskesmas Pulau Panggang, Selasa (09/08/2016).

Ia mengatakan, program tersebut terdiri dari pemantauan insiasi menyusui dini (IMD), pemantuan pemberian vitamin A, pemantuan PMT dan pengukuran antrometri semua anggota keluarga, pengukuran badan seperti berat badan, tinggi badan dan lingkar lengan atas.

"PSG juga untuk mengetahui kesehatan remaja seperti pemberian vitamin Fe untuk mencegah terjadinya anemia. Begitu juga dengan status gizi balita merupakan salah satu indikator yang menggambarkan tingkat kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ditambahkan Ratna, salah satu cara penilaian status gizi pada Balita adalah dengan anthropometri yang diukur melalui indeks berat badan menurut umur (BB/U) atau berat badan terhadap tinggi badan (BB/TB).

"Kategori yang digunakan adalah, gizi lebih (z-score>+2 SD), gizi baik (z-score-2 SD sampai +2 SD), gizi kurang (z-score<-2 SD sampai -3 SD) dan gizi buruk (z-score<-3 SD)," tandasnya.

 


Reporter : Ahmad Zarkasih
Editor      : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Puskesmas Pulau Panggang Lakukan Pemantauan PSG" ?