image 1

Tidung

3 Warga Pulau Harapan Suspect Demam Berdarah

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 12 Aug 2016
Dilihat | 957x


Warga Pulau Harapan merasa khawatir dengan serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya dalam rentan waktu satu bulan 3 pasien dinyatakan positif suspeck demam berdarah dan mendapat perawatan di Puskesmas setempat.

"Mereka mengalami gejala panas naik turun, awalnya mereka berpergian ke luar pulau," ujar Haja Wati Kepala Puskesmas Pulau Harapan, Jumat (12/08/2016).

Wati menambahkan, suspect adalah orang yang dicurigai. Artinya dicurigai menderita DBD karena memiliki gejala yang mirip. Oleh karena itu untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Ketiga pasien tersebut bernama Zahira (5) tahun Rt 002/02, Rangga (4) tahun Rt 006/01 dan Nizar 5,3 bulan Rt 002/01," ujarnya.

Fogging dan penyuluhan tentang pencegahan dan penanggulangan telah dilakukan di lokasi mana saja yang rentan terhadap DBD. Semua wilayah atau kelompok dinyatakan endemis, maksudnya dinyatakan endemis jika dalam waktu tiga tahun berturut-turut ditemukan warga yang suspect.

"Hampir semua lokasi dan kelompok termasuk sekolah dinyatakan endemis. Maka perlu dilakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) massal, abatisasi selama 12 hari setiap harinya dan PSN plus dari petugas jumantik," punkasnya.


Reporter : Saeful Bahri
Editor     : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "3 Warga Pulau Harapan Suspect Demam Berdarah " ?