image 1

Tidung

Pulau Untung Jawa Panen Ikan Lele dan Sayuran Akuaponik

Kategori | Kesejahteraan Masyarakat
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 24 Aug 2016
Dilihat | 949x


Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) melakukan panen ikan lele dan sayuran akuaponik bersama warga Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Lurah Pulau Untung Jawa, Ardani meminta warganya untuk lebih aktif dan inovatif memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong untuk bisa ditanami sayuran dan budidaya ikan air tawar.

"Alhamdulillah ikan lele sudah bisa di panen dan ini merupakan panen perdana. Kami panen di usia 7 bulan, hasil dari kerja keras usaha bersama," ujar Ardani, Rabu (24/08/2016).

Sedangkan untuk sayuran akuaponik, kata Ardani sayur jenis kangkung sudah panen ke 3 kali. Keberhasilan ini mudah-mudahan dapat memberikan semangat untuk warga Pulau Untung Jawa yang belum memulai memanfaatkan pekarangannya. Karena meski tidak memiliki lahan kosong kita bisa bercocok tanam dengan media lain.

"Hasilnya untuk konsusmi sendiri, karena wilayah pulau berbeda dengan daratan, jika cuaca buruk warga tidak bisa berbelanja ke Jakarta darat atau Tangerang, jadi kami berupaya warga bercocok tanam sebagai antisipasi," tandasnya.



Reporter : Saeful Bahri      
Editor      : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pulau Untung Jawa Panen Ikan Lele dan Sayuran Akuaponik " ?