image 1

Tidung

Kader PKK Pulau Tidung Ikuti Pelatihan Hidroponik dan Bank Sampah

Kategori | Umum
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 29 Aug 2016
Dilihat | 921x


Sebanyak 40 kader PKK, Kelompok Kerja (Pokja) III Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan mengikuti pelatihan tanaman hidroponik dan bank sampah.

Ketua TP PKK Kabpaten Kepulauan Seribu, Fera Budi Utomo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat pulau untuk sayur- sayuran yang selama ini tergantung pada daratan.

“Kita tahu pada musim-musim tertentu terutama angin barat barat daya warga tidak bisa membeli kedarat, kebutuhan akan sayur-sayuran pun jadi terhambat,” ujar Fera, Senin (29/08/2016).

Oleh karena itu, kita ingin bagaimana caranya menggalakan hidroponik untuk memenuhi kebutuhan sayur-sayuran untuk masyarakat Pulau Seribu.

“Untuk hidroponik dan bank sampah sudah dilakukan di 6 kelurahan dan Pulau Tidung yang terakhir kita pakai pilot projeck di RW 01 di bentuk dari situ kalau berhasil kita akan kembangkan ke RW lain,” ujarnya.
 
Fera mengaku konsep ini sudah berhasil dimana pada 17 Agustus kemari 4 pulau secara serentak sudah panen ikan lele 30-40 kilo, kangkung dan selada. Hasilnya kita manfaatkan untuk makan bersama sebagian di jual untuk dibelikan bibit lagi sebagian lagi kita berikan kepada anak-anak yang BGM kurang gizi.

“Kita ingin mengenalkan kepada orang pulau ada makanan alternative lain untuk antisipasi kalau tidak bisa melaut. Program ini bisa jad alternative untuk memenuhi lauk pauk keluarga karena tidak terlalu sulit cara pengerjaannya,” tandasnya.  
 

Reporter : Ahmad Zarkasih
Editor   : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kader PKK Pulau Tidung Ikuti Pelatihan Hidroponik dan Bank Sampah " ?