image 1

Tidung

Gebyar RPTRA Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Kategori | Umum
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 01 Dec 2016
Dilihat | 1104x


Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (KPMPKB) Kepulauan Seribu, Darwoto mengatakan Gebyar Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanjung Elang Berseri digelar untuk pemberdayaan masyarakat.

"Gebyar RPTRA dirancang dalam rangka untuk memberikan muatan nuansa pemberdayaan ditengah masyarakat, khususnya di Kepulauan Seribu," ujar Darwoto, Kamis (01/12/2016).

Ia mengatakan, dua RPTRA yang ada di Kabupaten Kepulauan Seribu, Amiterdam Pulau Untung Jawa dan Tanjung Elang Berseri Pulau Pramuka semuanya diberdayakan.

"Ini seperti kompetisi, jadi harus dipilih mana yang terbaik untuk nanti dikirim di ajang Gebyar RPTRA tingkat Provinsi DKI Jakarta," kata Darwoto.

Untuk penilaian meliputi 11 item, diantaranya kinerja pengelola RPTRA, pemilihan bayi atau balita sehat, kemudian lomba menggambar, pemilihan penggunaan lego, tari kreasi, senam maumere, kosidah dan futsal.

"Amiterdam menjuarai ke-1 yaitu futsal, sementara item yang lain dijuarai oleh RPTRA Tanjung Elang Berseri," jelasnya.

Ditambahkannya, konsep bagaimana masyarakat menjadi satu bagian dari sebuah RPTRA. Sehingga keberadaan RPTRA ini menjadi pusat kegiatan pemberdayaan masyarakat.

"Utamanya RPTRA untuk berdayakan masyarakat dari tingkat anak kaum remaja, pasangan usia subur maupun lansia. Karena 11 item yang ada itu mencerminkan kelompok yang ada pada masyarakat," pungkasnya.


Reporter : Saeful Bahri  
Editor     : Zaini Miftah


 


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Gebyar RPTRA Untuk Pemberdayaan Masyarakat" ?