image 1

Tidung

Sudin Tata Air Akan Bangun Jalan Lingkar di Pulau Pemukiman

Kategori | Pembangunan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 06 Dec 2016
Dilihat | 1195x


Suku Dinas Tata Air Kepulauan Seribu akan membangun jalan lingkar di tiap-tiap Pulau Pemukiman pada tahun 2017 mendatang. Jalan lingkar dibuat landai di berikan pasir putih. Sehingga ombak tidak langsung mengenai beton yang menjadi bahan pembuatan jalan lingkar.

Kepala Sudin Tata Air Kepulauan Seribu, Mustajab mengatakan konsep dan desain jalan lingkar pun akan dibuat terlebih dahulu. Tentunya mempunyai banyak fungsi diantaranya untuk bloking atas zonasi perairan areal utilitas pipa limbah dan lubang kabel listrik. Yang paling utama fungsinya adalah bisa dijadikan jogging track keliling pulau.

"Intinya fungsi jalan lingkar ini banyak kita bisa manfaatkan. Kalau kita jadikan jogging track bisa untuk satu putaran pulau dan banyak lagi fungsinya selain menahan ombak dan abrasi pulau," ujar Mustajab, Selasa (06/12/2016).

Ditambahkan Mustajab, tiap Pulau Pemukiman jalan lingkar yang dibuat tipenya akan berbeda-beda sesuai dengan bentuk pulaunya. Intinya jalan lingkar yang akan dibuat tidak berbentuk masif seperti jalan lingkar yang ada di Pulau Pramuka.

"Jadi akan dibuat jalan lingkar yang sifatnya landai, disentuh gelombang pun tidak pecah langsung terkena beton, kita akan beri pasir dan tidak mengantong diatas. Desainnya tinggi ukuran standarnya sekitar 5-6 meter dimana ada saluran selebar 1-5 meter jalan lingkar ditambah tanggul. totalnya 5 - 7 meter kepala tanggulnya," tandasnya.



Reporter : Ahmad Zarkasih
Editor     : Zaini Miftah  
 


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin Tata Air Akan Bangun Jalan Lingkar di Pulau Pemukiman" ?