image 1

Tidung

Sudinhubtrans Kepulauan Seribu Uji Coba 2 Kapal Sekolah

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 07 Dec 2016
Dilihat | 977x


Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi (Sudinhubtrans) Kepulauan Seribu melakukan uji coba 2 kapal sekolah di perairan Pulau Pramuka dan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Uji coba tersebut dilakukan untuk mengetes kecepatan, uji fungsi kapal, dan manuver memutar.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Sudinhubtrans Kepulauan Seribu, Suherman mengatakan, kapal sekolah diperuntukkan bagi anak-anak sekolah di Kepulauan Seribu secara gratis.

"Saat ini kami tengah melakukan pengrekrutan anak buah kapal (ABK) dan nahkoda. Kita butuh 6 ABK dan 3 nahkoda untuk mengoperasikan 3 kapal tiap hari beroperasi, sedangkan 1 kapal lagi untuk cadangan," ujar Suherman, usai melakukan uji coba Kapapl Anak Sekolah, Rabu (07/12/2016).

Ia mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan persyaratannya dan dilakukan perekrutan secara terbuka untuk masyarakat di Kepulauan Seribu. Nantinya, akan disiapkan dua ABK dan satu Nahkoda tiap kapal.

"Syarat-syaratnya kita akan siapkan. Jadi bagi warga Pulau Seribu yang mempunyai pengalaman menjadi ABK atau nahkoda, dipersilahkan mendaftar tidak dipungut biaya," katanya.

Ia menambahkan, terkait uji coba kapal anak sekolah hari ini yang dilakukan kapal-kapal tersebut secara teknis sudah memenuhi standar. Untuk kecepatan kapal maksimal bisa mencapai 25 knot.

"Tiap 1 kapal anak sekolah dipasang 4 unit mesin berkapasitas AB-300 menggunakan BBM standar dari pabrikan untuk 1 mesin perjamnya sekitar 90 liter," tandasnya.



Reporter : Ahmad Zarkasih
Editor     : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudinhubtrans Kepulauan Seribu Uji Coba 2 Kapal Sekolah " ?