image 1

Tidung

SMPN 285 Pulau Untung Jawa Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional

Kategori | Seni Dan Budaya
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 15 Dec 2016
Dilihat | 967x


Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 285 Jakarta, Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan menerima penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional tahun 2016.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, bersamaan dengan 489 sekolah yang berasal dari 31 provinsi di Indonesia.

"Bersyukur lagi-lagi Kepulauan Seribu mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat nasional, setelah sebelumnya dari tingkat DKI Jakarta," ujar Tiur Maeda Hutapea, Kepala Kantor Pengelola Lingkungan Hidup (KPLH) Kepulauan Seribu, Kamis (15/12/2016).

Ia menambahkan, prestasi ini tidak akan terjadi tanpa kerjasama antara siswa, guru, komite sekolah dan beberapa stakeholder yang selama ini membantu terlaksananya program Adiwiyata di Kepulauan Seribu, khususnya di SMPN 285 ini.

"Program ini mendorong kita terutama kepada para guru, karyawan dan siswa di Pulau Seribu berperilaku hidup sehat dan bersahabat dengan alam. Apalagi, wisata di Pulau Seribu adalah wisata bahari yang lekat sekali dengan alam," katanya.

Tiur berharap, sekolah pemenang dapat menjadi contoh sebagai sekolah yang peduli lingkungan sesuai dengan kondisi khas wilayah masing-masing.

"Mudah-mudahan konsisten melakukan berbagai pengembangan sekolah dan lebih peduli serta berbudaya lingkungan bisa melekat dihati para masyarakat di Pulau Seribu," katanya.


Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Anwar mengapresiasi penghargaan Adiwiyata Nasional yang diterima SMPN 285 Pulau Untung Jawa.

“Kedepan semua sekolah di Pulau Seribu harus mengikuti program Adiwiyata. Karena tujuannya jelas untuk menjadikan sekolah yang ada di Kepulauan Seribu menjadi lebih bersih dan lebih sehat,” ucapnya.

Dengan mengikuti adiwiyata, kata Anwar, menunjukkan komitmen akan kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan juga ikut menjadi kesadaran dari seluruh pihak yang ada di Pulau Seribu.



Reporter : Ahmad Zarkasih    
Editor     : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "SMPN 285 Pulau Untung Jawa Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional " ?