image 1

Tidung

Uji Coba Mesin Pemusnah Sampah di Pulau Sebira Gunakan Genset

Kategori | Umum
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 25 Jan 2017
Dilihat | 976x


Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu melakukan uji coba mesin pemusnah sampah ramah lingkungan (L-Box) di Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Hasilnya mampu musnahkan sekitar 2 - 3 kubik sampah perhari.

"Untuk Pulau Sebira operasinya ada kekhususan, karena tidak ada aliran listrik dari PLN hanya menggunakan genset. Dalam operasional selama tiga jam dibutuhkan 50 liter BBM. Sementara, untuk pedinginan mesin diperlukan kurang lebih sekitar 200 - 400 liter air tawar,” ujar Yusen Hardiman, Kasudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Rabu (25/01/2017).

Ditambahkan Yusen, sebelum serahterima petugas PPSU sudah diberikan pelatihan menjadi operator mesin L-Box . Dan selama uji coba perwakilan dari perusahaan penyedia alat akan melakukan pendampingan kepada operator. Mesin pemusnah sampah diberikan garansi 2 tahun untuk peratawan dan perbaikannya.

"Kita berharap dalam jangka pendek mampu menuntaskan persoalan sampah di Pulau Sebira maksimal jangka panjang itu zero waste (tidak ada sampah), terpenting maintenance," tandasnya.



Reporter : Saeful Bahri
Editor     : Zaini Miftah


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Uji Coba Mesin Pemusnah Sampah di Pulau Sebira Gunakan Genset " ?