image 1

Tidung

Pemkab Kepulauan Seribu Ingin Pengembangan Konsep Go Digital Milik Kemenpar

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 22 Feb 2018
Dilihat | 929x


Kemudahan fasilitas terkait layanan internet berupa WiFi gratis, tampaknya sudah dilakukan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu sejak beberapa tahun belakangan, hal ini dilakukan demi memuaskan para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung.

Tercatat ada 11 pulau pemukiman yang disiapkan layanan WiFI gratis oleh Pemkab Kepulauan Seribu, diantaranya Pulau Panggang, Pramuka, Kelapa, Kelapa Dua, Harapan, Sebira, Tidung, Payung, Pari, Untung Jawa dan Lancang.

Langkah ini memang sengaja dilakukan sejak beberapa tahun lalu, dan menjadi salah satu fasilitas yang diberikan Pemkab Kepulauan Seribu demi meningkatkan kenyamanan wisatawan yang berkunjung, sehingga bisa dengan mudah mempublikasikan hasil foto atau membuat pernyataan dalam media sosial yang dimiliki.

Menurut Kepala Suku Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) Kepulauan Seribu, Bandok Eko Priambodo, menjelaskan bahwa Pemkab Kepulauan Seribu sudah memiliki konsep yang tertata dalam pengembangan pariwisata dari sisi layanan internet sejak dulu, yang menjadi kunci untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Konsep layanan internet sudah kami siapkan sejak lama, bahkan pelayanan internet gratis sudah kami lakukan, karena menjadi salah satu faktor pendukung pariwisata di pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu, khususnya yang memiliki homestay dan sering di kunjungi para wisatawan,” tutur Bandok Eko Priambodo, Kamis (22/02/2018).

Pemkab Kepulauan Seribu sendiri menyambut baik pihak-pihak yang ingin terlibat membantu pengembangan layanan internet, seperti yang diwacanakan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) terkait konsep Go Digital, yang akan diterapkan pada empat pulau wilayah Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Untung Jawa, Tidung, Pramuka dan Kelor.

Dengan konsep Kemenpar tersebut, Bandok Eko Priambodo berharap bisa secara luas membantu pengembangan pariwisata di Kepulauan Seribu, dan tidak hanya pemberian layanan internet gratis saja, namun juga fasilitas baru, seperti pelayanan kemudahan pembayaran, pemasangan cctv atau kebutuhan lainnya.

“Kami berharap konsep Go Digital tidak hanya pemberian internet gratis, kami ingin ada inovasi baru yang memudahkan pelayanan bagi wisatawan atau warga di pulau itu sendiri, seperti fitur pembayaran melalui digital, pemasangan cctv atau kemudahan lainnya, sehingga ada pengembangan dari apa yang sudah kami lakukan saat ini,” jelas Bandok Eko.

Seperti diketahui, sebelumnya Kemenpar melalui PIC Kepulauan Seribu dan Kota Tua, Dodi Riadi mengaku akan menyiapkan konsep Go Digital, yaitu berupa layanan akses internet gratis atau WiFi gratis di Pulau Untung Jawa, Tidung, Kelor dan Pramuka, demi meningkatkan potensi wisata yang ada di Kepulauan Seribu, sehingga semakin menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Konsep itu sendiri saat ini dalam tahap komunikasi antara Kemenpar, Kemenkominfo dan Telkomsel, yang rencananya akan dilakukan pada tahun ini.

 

 

 

 

 

Reporter: Petrus A


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pemkab Kepulauan Seribu Ingin Pengembangan Konsep Go Digital Milik Kemenpar" ?