image 1

Tidung

Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Dukung Peran Perempuan Dalam Manajemen Keuangan Keluarga

Kategori | Perekonomian
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 12 Dec 2022
Dilihat | 138x


Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, Puji Hastuti mendukung keterlibatan perempuan dalam manajemen keuangan keluarga.

Hal itu disampaikan Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Puji Hastuti, saat menjadi pembicara dalam program pengabdian masyarakat berupa seminar online bagi para perempuan di Kepulauan Seribu, yang diselenggarakan Vokasi Universitas Indonesia, Senin (12/12/2022).

“Anak Muda Sebaiknya Lebih Bijak Lagi dalam Mengelola Keuangan Di Era Digital dengan Mengetahui Bagaimana Cara Mengelola Keuangan yang Baik agar tidak terjerumus dalam Pinjaman Online yang Ilegal, Intinya dengan Bijak Mengelola Keuangan Kita Akan Bijak Di Masa Depan,” ujar Puji Hastuti dalam pembukaannya.

Puji berharap, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan vokasi Universitas Indonesia dapat dilakukan berkelanjutan.

"Terima kasih kepada ibu Mila selaku dosen Universitas Indonesia sebagai penyelenggara pengabdian masyarakat ini, dan diharapkan kegiatan bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga berguna bagi masyarakat Kepulauan Seribu," tuturnya.

Tercatat dalam kegiatan ini dihadiri dosen vokasi Universitas Indonesia, Mila Viendyasari, Istiadi Soenarto, Devie Rahmawati, praktisi keuangan Avi Wulandari, serta ribuan peserta dari dari Kepulauan Seribu.

“Hidup di masa krisis ekonomi baiknya minimalis, dengan tabungan fantastis. Para perempuan merupakan manajer keuangan di dalam keluarganya. Untuk itu, perlu menetapkan tujuan keuangan, caranya dengan miliki beberapa tabungan sesuai tujuan tabungan seperti untuk pendidikan, dana darurat, kesehatan, masa pensiun dan lainnya,” ujar Istiadi.
 
Sementara itu, Mila Viendyasari menilai, kondisi saat ini dengan adanya internet dapat mengancam tindakan kriminalitas di dunia online, salah satunya kasus penipuan online shop.

“Dulunya kita mudah untuk belanja dari rumah dari online, jadi kita tergiur dan tergoda untuk selalu memesan dan beberapa juga ada yang menjadi kesalahan pengiriman seperti pesannya apa dan yang datangnya berbeda. Mengapa harus memiliki literasi keuangan yang baik? karena dengan adanya penghasilan tambahan yang lain kita dapat menyiapkan kebutuhan di masa depan dengan lebih terjamin, selain itu bisa mencoba dengan memulai belajar investasi, baik crypto atau threading. Semakin tinggi keuntungan semakin tinggi juga risiko,” jelasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Dukung Peran Perempuan Dalam Manajemen Keuangan Keluarga" ?