image 1

Tidung

Pertamina EP Agresif Lakukan Pengeboran Sumur Eksplorasi dan Pengembangan

Kategori | Umum
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 08 Feb 2023
Dilihat | 155x


PT Pertamina EP (PEP), selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas, telah menghasilkan realisasi produksi minyak sebesar 70.170 Barrel Oil Per Day (BPOD) dari seluruh Wilayah Kerja (WK) yang tersebar di seluruh Indonesia hingga 31 Desember 2022.

Sementara untuk produksi gas mencapai 848,93 Million Standard Cubic Feet Per Day (MMSCFD). Melalui capaian ini, PEP merupakan salah satu produsen migas nasional terbesar di Indonesia.

Hal tersebut selain berasal dari sumur eksisting, juga dihasilkan dari penambahan 110 sumur pengembangan yang dibor sepanjang tahun 2022 serta dari kegiatan workover atas 137 sumur yang dioperasikan.

“Kami juga melakukan well intervention untuk memperpanjang umur produksi dari 750 sumur minyak,” ucap Wisnu Hindadari selaku Direktur Utama PEP dalam keterangan tertulis, Rabu (08/02/2023).

Wisnu mengatakan, sepanjang 2022 PEP juga melakukan eksplorasi untuk mengkonfirmasi adanya sumber daya migas. Pada periode itu PEP berhasil merealisasikan tujuh sumur eksplorasi, salah satunya ada di wilayah Kepulauan Seribu serta tambahan satu sumur lain yang masih dalam proses.

“Untuk menjaga kelangsungan sumber daya migas, PEP mengakusisi seismik secara 2D dan 3D. Pada sumber daya seismik 2D realisasi luasan sebesar 83 kilometer persegi, sedangkan sumber daya seismik 3D luasannya mencapai 275 kilometer persegi,” jelasnya.

Wisnu mengaku, melalui upaya tersebut, PEP berhasil menemukan sumber daya cadangan migas 2C dengan kapasitas sebesar 129,24 million barrel of oil equivalent (MMBOE). Temuan tersebut terdiri dari 25,42 MMBO untuk minyak dan 601,31 BCFG untuk gas.

“PEP  berupaya menjalankan strategi dalam mencapai kinerja yang optimal. Untuk menjaga produksi migas pada tahun ini, eksplorasi akan terus digenjot dengan meneruskan akuisisi seismik 3D di Kepuh dan memonetisasi sumber-sumber yang belum dikembangkan,” tuturnya.

Wisnu menambahkan, PEP juga akan melakukan assesmen ulang atas penemuan-penemuan yang belum dikembangkan, serta akan terus menjalankan operasi migas yang handal dan mengutamakan aspek keselamatan sehingga dapat memberikan kontribusi secara signifikan bagi negeri.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pertamina EP Agresif Lakukan Pengeboran Sumur Eksplorasi dan Pengembangan" ?