image 1

Tidung

KPU Kepulauan Seribu Adakan Rakor Pelaksanaan Verifikasi Faktual Kesatu Calon Anggota DPD

Kategori | Umum
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 14 Feb 2023
Dilihat | 82x


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Seribu mengadakan rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan Verifikasi Faktual Kesatu Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemilu Tahun 2024, yang diselenggarakan di Hotel Orchardz Industri, Jakarta Selasa (14/02/2023).

Kegiatan yang dibuka Ketua KPU Kepulauan Seribu Murhofik, turut dihadiri perwakilan Bawaslu Kepulauan Seribu, Sudin Kominfotik, kecamatan, kelurahan serta para LO calon anggota DPD RI di wilayah Kepulauan Seribu.

Murhofik menjelaskan, KPU dibantu oleh PPS melakukan verifikasi faktual kesatu terhadap pendukung yang tercuplik sampel dengan menggunakan formulir, dimana verifikasi faktual kesatu dilakukan untuk membuktikan kebenaran identitas pendukung dan kebenaran dukungan.

“Ada beberapa metode yang akan diterapkan dalam melakukan verifikasi faktual, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” tuturnya.

Tercatat, beberapa metode verifikasi faktual yang dilakukan antara lain, menemui pendukung di tempat tinggalnya atau tempat lain, meminta bakal calon anggota DPD dan/atau petugas penghubung, untuk mengumpulkan pendukung di Kantor PPS atau tempat lain yang disepakati.

“Selain itu metode berikutnya, yaitu KPU dan/atau PPS dalam menemui pendukung di tempat tinggalnya dapat berkoordinasi dengan perangkat Lembaga Kemasyarakatan setempat. Jika pendukung tidak dapat ditemui, maka KPU dan/atau PPS melakukan verifikasif faktual kesatu dengan menggunakan sarana teknologi informasi dalam waktu seketika berupa panggilan video dan/atau rekaman video,” tambah Murhofik.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "KPU Kepulauan Seribu Adakan Rakor Pelaksanaan Verifikasi Faktual Kesatu Calon Anggota DPD" ?