image 1

Tidung

RSUD Kepulauan Seribu Menyelesaikan Revitalisasi Kamar Operasi  

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 20 Feb 2023
Dilihat | 145x


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, telah menyelesaikan revitalisasi kamar operasi.

Kepala Direktur RSUD Kepulauan Seribu, Agus Hariyanto Saroso mengatakan, revitalisasi kamar operasi dilakukan sejak Juni 2022, pada Januari 2023 kamar operasi dengan luas 157 meter persegi ini telah berfungsi kembali.

"Kamar operasi RSUD Kepulauan Seribu saat ini sudah dapat digunakan untuk melakukan operasi, yang dilaksanakan oleh dokter spesialis dan tim, hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Seribu," kata Agus, Senin (20/02/2023).

Tercatat, sejak Januari 2023 sudah ada dua warga yang telah melakukan operasi caesar, sedangkan pada Februari dan Maret akan ada sebanyak lima operasi.

"Pasien operasi ada yang dari Pulau Panggang, Pulau Kelapa, bahkan rencananya ada juga dari Pulau Tidung," ujar Agus.

Agus menjelaskan, saat ini RSUD Kepulauan Seribu hanya bisa melaksanakan operasi terencana, hal ini dikarenakan keterbatasan sarana prasarana dan sumber daya manusia, terutama tenaga ahli.

"Kamar operasi ini tidak hanya direncanakan untuk operasi caesar oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan, tetapi kamar operasi ini juga dapat melayani operasi bedah lainnya oleh Dokter Spesialis Bedah," ungkapnya.

Agus menambahkan, setelah berfungsinya kamar operasi ini diharapkan angka rujukan pasien ke darat dapat ditekan, serta dapat meningkatkan kebutuhan dan fasilitas pelayanan kesehatan pasien agar semakin berkualitas, cepat, aman dan nyaman.  

"Nantinya pelayanan RSUD Kepulauan Seribu akan terus kami tingkatkan kuantitas dan kualitasnya, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kepulauan Seribu," tutupnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "RSUD Kepulauan Seribu Menyelesaikan Revitalisasi Kamar Operasi  " ?