image 1

Tidung

Kabupaten Kepulauan Seribu Miliki Kebun Karang di Pulau Tidung Kecil

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 25 Feb 2023
Dilihat | 106x


Kehadiran terumbu karang menjadi pendukung utama bagi keberlangsungan biota laut di Kepulauan Seribu, yang dikenal indah dan beragam.

Bahkan manfaat terumbu karang sendiri dapat diartikan sebagai tempat organisme hewan maupun tumbuhan mencari makan dan berlindung.

Melihat kondisi ini, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu bersama Pusat Budidaya dan Konservasi Laut DKPKP, instansi pemerintahan terkait dan kelompok masyarakat peduli lingkungan lainnya, menghadirkan Kebun Karang Pusat Budidaya dan Konservasi Laut Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.

Berlokasi di sebelah timur dermaga Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, terpampang indah Kebun Karang seluas 2,5 hektare dengan berbagai jenis terumbu karang, seperti jenis Acropora, Montipora, Goniopora, Pocillopora dan lainnya.

Dikembangkan sejak tahun 2009, kehadiran Kebun Karang ini bertujuan untuk stok pembibitan karang, guna merehabilitasi ekosistem terumbu karang di Kepulauan Seribu.

Kebun Karang ini diharapkan dapat menjadi pusat konservasi ekosistem pesisir dan laut di Kepulauan Seribu, serta sebagai miniaturnya laut Kepulauan Seribu.

Namun, keindahan Kebun Karang ini sendiri tidak diperuntukkan untuk umum, melainkan hanya untuk kepentingan penelitian dan pengembangan ekosistem terumbu karang di Kepulauan Seribu.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kabupaten Kepulauan Seribu Miliki Kebun Karang di Pulau Tidung Kecil" ?