image 1

Tidung

Pendaftaran Duta Baca Kabupaten Kepulauan Seribu Resmi Dibuka

Kategori | Seni Dan Budaya
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 23 Mar 2023
Dilihat | 279x


Seksi Perpustakaan dan Kearsipan Unit Kerja Teknis (UKT) 1 Kepulauan Seribu mengadakan pemilihan Duta Baca Kabupaten Kepulauan Seribu yang terbuka untuk umum.

Kepala Seksi Perpustakaan dan Kearsipan UKT 1 Kepulauan Seribu, Windarwati menjelaskan, dalam rangka melaksanakan promosi pembudayaan kegemaran membaca, yang diharapkan dapat meningkatkan literasi dan kesejahteraan masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan pemilihan Duta Baca Daerah.

“Kegiatan ini ditujukan bagi seseorang yang memenuhi persyaratan dan dipilih serta ditugasi untuk melakukan misi dan fungsi pembudayaan kegemaran membaca di daerah dalam kurun waktu tertentu,” katanya Kamis (23/03/2023).

Nantinya duta baca tersebut berfungsi sebagai ujung tombak salah satu program pembudayaan kegemaran membaca di daerah. Pemilihan duta baca daerah dilaksanakan baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Kota/ Kabupaten.

“Untuk mendukung kegiatan tersebut Seksi Perpustakaan dan Kearsipan UKT 1 Kepulauan Seribu akan melaksanakan pemilihan Duta Baca dengan jadwal dan tahapan yang telah ditentukan,” tutur Windarwati.

Tercatat, tahapan kegiatan terbagi dalam tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pemilihan dan tahap penetapan dan pengukuhan. Adapun jadwal pelaksanaannya pada 22–29 Maret 2023 untuk tahap pendaftaran peserta, pada 30 Maret 2023 tahap tes tertulis dan pembekalan peserta, pada 3-4 April 2023 pengiriman esai peserta dan pada 10 April 2023 presentasi dan wawancara peserta.

“Untuk menjadi Duta Baca Daerah tingkat Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, peserta perlu memiliki kriteria yang dibutuhkan, antara lain warga Kepulauan Seribu berusia 18-35 tahun, memiliki kesenangan membaca buku, aktif di media sosial dengan mempromosikan literasi atau kegemaran membaca, memiliki prestasi akademik/ non akademik, bukan pengurus dan anggota praktis partai dan mempunyai kartu anggota perpustakaan,” jelasnya.

Windarwati menambahkan, pemilihan Duta Baca Daerah diharapkan dapat menyebarkan semangat literasi melalui kegiatan yang bersifat lokal dan karakter, khusus sesuai kebutuhan masyarakat dan meningkatkan peran masyarakat dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui literasi.

“Duta baca terpilih diharapkan mampu menjadi panutan, motivator, inspirator, dan influencer dalam upaya mempromosikan gemar membaca sehingga semakin banyak masyarakat yang memiliki kesadaran akan pentingnya aktivitas membaca bagi kehidupan sehari-hari khususnya masyarakat Kepulauan Seribu,” tulisnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pendaftaran Duta Baca Kabupaten Kepulauan Seribu Resmi Dibuka" ?