image 1

Tidung

Sudinkes Kepulauan Seribu Siapkan Sembilan Posko Kesehatan

Kategori | Kesejahteraan Masyarakat
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 19 Apr 2023
Dilihat | 436x


Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kepulauan Seribu mendirikan sembilan titik posko kesehatan di sejumlah dermaga dan pulau yang mulai beroperasi dari 19 April-2 Mei 2023.

Kepala Sudinkes Kepulauan Seribu, Herwin Maifendy mengatakan, posko ini disiapkan guna memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat selama libur Idul Fitri 1444 Hijriah.

Posko yang didirikan tersebar di Dermaga Marina Ancol, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Lancang, Jembatan Cinta Pulau Tidung, Pantai Pasir Pulau Pari dan Dermaga Pantai Sakura Pulau Untung Jawa.

"Wisatawan dan pemudik diperkirakan akan memadati Kepulauan Seribu. Posko didirikan sebagai bentuk dukungan kesehatan kepada masyarakat, kru kapal dan petugas," ujar Herwin, Rabu (19/04/2023).

Herwin menjelaskan, di setiap posko akan disiagakan tiga petugas kesehatan yang dibantu Satpol PP, Polri dan Dishub. Selain membangun posko kesehatan, puskesmas dan RSUD di masing-masing pulau juga akan beroperasi 24 jam.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kejadian darurat terhadap warga yang menuju pulau, petugas akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada nahkoda maupun ABK di dermaga sebelum berangkat dari Marina Ancol maupun pelabuhan.

"Semoga keberadaan posko kesehatan ini dapat membuat warga yang mudik atau wisatawan serta kru kapal tetap terjaga kesehatannya," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudinkes Kepulauan Seribu Siapkan Sembilan Posko Kesehatan" ?