image 1

Tidung

Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Siapkan Layanan Kesehatan Pospam Lebaran

Kategori | Kesejahteraan Masyarakat
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 27 Apr 2023
Dilihat | 237x


Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, memberikan layanan kesehatan di Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran di tiga kelurahan.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Ilmi Tri Indarto mengatakan, layanan kesehatan ini dilakukan di Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Untung Jawa sejak H-3 Lebaran hingga saat ini.

"Tiap posko ada tiga pegawai puskesmas dibantu tim Ambulans Gawat Daruat (AGD) dan PMI Kepulauan Seribu, layanan ini diberikan untuk wisatawan, warga, nakhoda dan Anak Buah Kapal," tutur Ilmi, Kamis (27/04/2023).

Ilmi menambahkan, adapun pemeriksaan kesehatan umum/dasar yang dilakukan antara lain, suhu, keseimbangan, cek gula dan lainnya.

"Jumlah pasien yang diperiksa bervariasi di setiap pulau, mengingat tingkat kepadatan penduduk yang berbeda, dengan kisaran puluhan pasien. Pasien terbanyak dilayani adalah di Pulau Tidung yaitu mencapai sebanyak 35 pasien dalam satu hari," ujarnya.

Ditambahkan Ilmi, apabila dalam pemeriksaan kondisi pasien dinyatakan berat dan harus dirujuk, maka akan dirujuk dengan dengan tim ambulans gawat darurat laut dari PK3D DKI Jakarta.

"Pada tanggal 24 April terdapat 1 pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit di daratan Jakarta, dari Pulau Untung Jawa karena pendarahan aktif setelah tertusuk duri ikan pari. Maka pasien dirujuk menggunakan kapal ambulans dan mobil ambulans darat," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Siapkan Layanan Kesehatan Pospam Lebaran" ?