image 1

Tidung

Nusantara Regas Sukses Tuntaskan Proses Turn Around

Kategori | Umum
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 04 May 2023
Dilihat | 237x


Nusantara Regas berhasil menuntaskan kegiatan Turn Around yang dilaksanakan pertengahan hingga akhir April 2023, sebagai bentuk penguatan kehandalan.

Perusahaan yang berafiliasi dari Subholding Gas Pertamina dan memiliki wilayah Operasional Kepulauan Seribu, sukses meningkatkan kehandalan operasi yang menjadi salah satu syarat mutlak bagi PT Nusantara Regas untuk memenuhi kebutuhan konsumen pembangkit listrik, bagi masyarakat.

Turn Around adalah proses pemeliharaan untuk menjaga kehandalan fasilitas Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat dan Onshore Regasification Unit (ORF) yang berlokasi di wilayah Muara Karang, Jakarta.

Selama kegiatan Turn Around dilakukan, suplai gas dari FSRU untuk pembangkit listrik PLN dihentikan sementara. Proses Turn Around dimulai dengan proses penonaktifan kegiatan operasi, pemeriksaan teknis perbaikan hingga memulai kegiatan operasi kembali setelah semua proses pengecekan final dilaksanakan.

”Puji syukur Nusantara Regas berhasil menjalankan kegiatan Turn Around dengan baik dan lancar selama masa libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2023. Apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pekerja dan para pihak yang terlibat serta support Subholding Gas yang tetap loyal bertugas dan mengedepankan aspek safety meski masyarakat lain pada umumnya tengah menikmati kebersamaan bersama keluarga,” jelas Direktur Operasi dan Komersial Nusantara Regas, I Putu Puja Astawa, dalam keterangan tertulis, Kamis (04/05/2023).

Puja Astawa menjelaskan, masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H sengaja dipilih, karena periode tersebut penggunaan listrik di wilayah Ibukota relatif menurun jika dibandingkan hari biasanya.

Selama proses tersebut, Nusantara Regas berkoordinasi dengan PLN, Kementerian ESDM dan berkolaborasi dengan Subholding Gas, Pertamina Gas Negara untuk menjamin suplai energi listrik PLN tetap normal terjaga, serta mendukung penyediaan back up gas bagi pembangkit listrik PLN dari sumber lainnya.

“Saat ini proses regasifikasi LNG di FSRU hingga penyaluran gas ke ORF menuju pembangkit listrik kembali berjalan normal. Semoga proses ini memberikan jaminan kehandalan fasilitas NR sehingga bisa beroperasi prima  ke depan dan suplai energi bagi pembangkit listrik terus terjamin,” pungkas Puja Astawa.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Nusantara Regas Sukses Tuntaskan Proses Turn Around" ?