image 1

Tidung

Bupati Kepulauan Seribu Hadiri Peresmian Kampung Bahari Nusantara

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 15 May 2023
Dilihat | 160x


Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menghadiri peresmian Kampung Bahari Nusantara yang diinisiasi TNI Angkatan Laut di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Senin (15/05/2023).

Dalam peresmian tersebut  dihadir Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin dan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. 

Junaedi menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan Wakil Presiden RI dan Kasal, yang menetapkan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu sebagai lokasi seremoni peresmian 68 Kampung Bahari Nusantara se-Indonesia. 

"Sinergitas dengan TNI Angkatan Laut ini diharapkan mampu membawa dampak positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan pertahanan.Tentunya dengan kerjasama semua, pembangunan manusia dan infrastruktur bisa terlaksana. Saya yakin dan percaya kemajuan lima sektor di Pulau ini bisa lebih meningkat," ujar Junaedi.

Juanedi menjelaskan, dalam kegiatan ini Wakil Presiden RI mengunjungi beberapa klaster yang ada di Pulau Untung Jawa, antara lain pendidikan di RPTRA, kesehatan di Puskesmas dan ekonomi di UMKM. Selain itu, juga ada penyerahan beberapa bantuan berupa buka dan laptop kepada anak-anak sekitar.

"Setelah selesai diresmikan, tentunya kami bersama dan warga sekitar akan tetap menjaga dengan baik Kampung Bahari Nusantara ini, serta kedepannya bisa menjadi ajang promosi bagi wisatawan," terangnya.


Sementara itu, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan, program Kampung Bahari Nusantara merupakan bentuk nyata hadirnya TNI AL dengan rakyat, untuk membangun ketahanan wilayah maritim dari tingkat desa hingga menuju ke penyangga pertahanan negara.

Program yang diusung TNI AL tersebut dinilai sesuai dengan paradigma baru perdesaan yang berkembang secara global. Berdasarkan data, 45 persen masyarakat global tinggal di pedesaan negara berkembang.

“Pembangunan perdesaan menjadi keniscayaan untuk mencapai target-target pembangunan berkelanjutan. Paradigma pembangunan di desa diubah dari subsidi menjadi investasi masa depan," ungkap Ma’ruf.

Perlu diketahui, ada lima klaster dalam program Kampung Bahari Nusantara yang terdiri dari klaster pertahanan, klaster ekonomi, klaster pendidikan atau edukasi, klaster kesehatan dan klaster pariwisata.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Bupati Kepulauan Seribu Hadiri Peresmian Kampung Bahari Nusantara" ?