image 1

Tidung

Mengenal Keindahan Pulau Untung Jawa Tempat Peresmian Kampung Bahari Nusantara

Kategori | Pariwisata
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 15 May 2023
Dilihat | 142x


Kepulauan Seribu menjadi pusat lokasi peresmian Kampung Bahari Nusantara yang digagas TNI Angkatan Laut .

Tepatnya di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kampung Bahari Nusantara hadir dan diresmikan secara langsung Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, Senin (15/05/2023).

Program Kampung Bahari Nusantara sendiri merupakan bagian satu metode pembinaan maritim, yang bertujuan untuk menciptakan kondisi juang yang tangguh dan bisa memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat, khususnya sektor pariwisata serta perekonomian warga setempat.

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau penduduk yang ada di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, selain itu pulau ini juga menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk berlibur.

Pulau yang menjadi salah satu penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2021, menyimpan banyak destinasi wisata menarik yang kerap dikunjungi wisatawan.

Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Pulau Untung Jawa : 

Kampung Jepang

Para pengunjung bisa menikmati beraneka ornamen Jepang di wilayah ini, selain itu lokasinya yang dekat dengan Pantai Sakura, membuat Kampung Jepang kerap dipilih untuk menikmati segarnya udara pantai dan bermain wisata air. Tidak hanya itu, di Kampung Jepang, para pengunjung juga bisa memilih aneka kuliner yang disajikan.

Taman Arsa

Berlokasi dekat dengan dermaga utama, Taman Arsa menjadi pilihan para wisatawan yang berkunjung, karena di lokasi ini para wisatawan bisa menikmati suasana pantai dengan kehadiran gazebo serta berbagai aneka wisata air atau hanya ingin sekedar menikmati dinginnya air laut di bibir pantai. 

Jembatan Pengantin

Lokasi ini menjadi salah satu pilihan wisata yang bisa membawa para pengunjung dekat dengan alam, karena di lokasi ini pengunjungi akan menyusuri jalan setapak yang dekat dengan laut dan hutan mangrove, serta mengelilingi pohon pengantin.

Tanggul di Dermaga Utama

Meski berfungsi sebagai penahan luapan air laut, namun tanggul ini menjadi pilihan menarik bagi wisata yang ingin berjalan sore di pinggir laut, karena tanggul sepanjang 200 m yang berada di bibir pantai telah dihias dengan cat warna warni.

Clownfish Snorkeling

Bagi pecinta snorkeling, spot clownfish snorkeling mungkin menjadi daya tarik tersendiri, di lokasi ini para pengunjung bisa melihat lebih dekat clownfish atau yang dikenal ikan nemo yang tengah menari di dekat anemon.

Syaifudin Boska pencetus spot clownfish snorkeling menyiapkan area spot yang dekat dermaga mangrove ini dengan kedalaman 1,5 m, para wisata bisa juga berswafoto dengan clownfish.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Mengenal Keindahan Pulau Untung Jawa Tempat Peresmian Kampung Bahari Nusantara" ?