image 1

Tidung

Kabupaten Kepulauan Seribu Monitoring Lokasi Bangunan Pengaman Pantai

Kategori | Pembangunan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 24 May 2023
Dilihat | 165x


Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan peninjauan lapangan rencana lokasi bangunan pengaman pantai di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Rabu (24/05/2023).

Dalam kegiatan tersebut melibatkan Tim Konsultan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu dan Balai Taman Nasional serta RT dan RW.

Peninjauan titik koordinat lokasi bangunan pengaman pantai yang merupakan aspirasi warga, yang ada di sisi utara RW 02, kemudian di RW 03 dan sisi selatan Dermaga T RW 03 Pulau Panggang.

Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan (Asminekbang) Kepulauan Seribu, Iwan P Samosir mengatakan, hari ini pihaknya melakukan peninjauan lapangan terkait adanya rencana membuat tanggul oleh Sudin SDA Kepulauan Seribu.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk pengamanan pulau dari abrasi dan pengamanan pulau, yang juga dari hal-hal yang tidak sesuai dengan pelebaran-pelebaran pulau," katanya.

Iwan mengaku, dari hasil peninjauan di lapangan untuk rencana yang akan dibangun itu lebih kurang 150 meter. Di lokasi banyak  adanya penimbunan-penimbunan karang-karang yang sudah mati.

Maka dari itu, tambah Iwan, pihaknya sudah sepakati untuk kegiatan penimbunan dihentikan dulu semuanya. Dan akan diselesaikan pada saat tanggul, di mana langkahnya kita harus melakukan sosialisasi titik-titik tanggul yang akan dibangun.

"Rencanya pembangunan pertama usai survey kita akan lakukan kajian. Dari dasar kajian tersebut tahun 2024 akan dibicarakan untuk penganggaran dan kemungkinan dimulai pembangunannya itu tahun 2025," paparnya.

Sementara itu, Perwakilan dari Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Agus Setiawan menyampaikan, bahwa pihaknya atas naman Balai Taman Nasional mendukung adanya kegiatan Sudin SDA Kepulauan Seribu, karena menurutnya ini adalah salah satu cara untuk menghentikan pelebaran pulau.

"Kita dukung rencana pembangunan ini, namun demikian kita tidak ingin lagi setelah adanya penanggulan itu ada lagi pelebaran atau pengurukan kembali. Dan pihak SDA juga akan melakukan perjanjian kerjasama (PKS-red) dengan Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kabupaten Kepulauan Seribu Monitoring Lokasi Bangunan Pengaman Pantai" ?