image 1

Tidung

Sudin KPKP Kepulauan Seribu Panen Sayur Pakcoy

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 24 May 2023
Dilihat | 174x


Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, berhasil memanen sayur pakcoy secara hidroponik sebanyak 6 kg di Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, hasil panen ini dibagikan kepada warga untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat Kepulauan Seribu.

"Sayur pakcoy telah dirawat kurang lebih selama satu bulan. Sebelumnya pada bulan April kita panen sayur kangkung, yang kita bagikan kepada pengurus dan warga, begitu juga sekarang kita panen sayur pakcoy. Warga pun sangat senang karena dapat tambahan nutrisi berupa sayuran," ujar Devi, Rabu (24/05/2023).

Devi menerangkan, setiap satu pengurus dan satu warga mendapatkan dua ikat sayur pakcoy, sekitar 10 orang yang menerima sayur tersebut. Lahan dengan luas kurang lebih 2,5 meter persegi dirawat oleh delapan petugas TPI, dengan dipenuhi berbagai jenis tanaman dan sayuran.

"Berbagai jenis bibit kita bagikan, karena urban farming di sana tidak hanya melalui hidroponik namun ada media tanah juga. Berharap urban farming di TPI bisa terus dijaga dan dirawat sebab dapat membantu warga yang membutuhkan," terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga Pulau Pramuka, Sahabudin (45) yang berprofesi sebagai nelayan menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk Sudin KPKP dan pengurus TPI, yang telah menciptakan ruang urban farming.

“Hasil panen sayuran yang ada di TPI mampu mendukung ketahanan pangan bagi warga. Saya berterimakasih sudah dibagikan dua ikat sayur pakcoy, tentunya sayur ini saya berikan kepada istri saya. Urban farming di Pulau Pramuka saat ini tidak hanya di TPI, tetapi di rumah warga juga sudah ada yang menerapkan," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin KPKP Kepulauan Seribu Panen Sayur Pakcoy" ?