image 1

Tidung

Ratusan Pelajar SMA Al Kahfi Bogor Melakukan Penanaman Bibit Mangrove

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 25 May 2023
Dilihat | 114x


Ratusan pelajar dari SMA Al Kahfi, Bogor, Jawa Barat melakukan penanaman bibit mangrove di Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) di Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Yayasan Al Kahfi Bogor dalam rangka penelitian karya ilmiah bagi 242 pelajar SMA Al Kahfi Bogor.

"Selain melakukan penanaman, para pelajar juga dikenalkan tentang biota laut, kerangka paus, biota laut penyu hingga clownfish," kata Devi, Kamis (25/05/2023).

Devi menambahkan, selain mengenalkan biota laut, ratusan pelajar diajak menanam 1.000 bibit mangrove sebagai upaya melindungi pantai dari abrasi dan erosi. Mereka sangat antusias dan senang mendapatkan ilmu baru yang diberikan secara langsung di lapangan.

"Kami ingin anak-anak ini lebih mengenal keindahan lingkungan alamnya sendiri, mencintai dan melestarikan kekayaan biota laut yang ada di Indonesia, khususnya di Kepulauan Seribu," ujar Devi.

Sementara itu, Asyifa (17) salah satu pelajar putri mengungkapkan rasa senang dan bangga bisa berkunjung langsung ke konservasi laut yang ada di Pulau Tidung Kecil, yang menjadi pengalaman berharga tentang ekosistem laut.

"Banyak ilmu yang kami dapatkan, kita di ajak berkeliling ke museum, lalu ke penangkaran penyu dan menanam bibit mangrove. Kunjungan ini membuat saya ingin mengunjungi Pulau Seribu lainnya, sambil melihat ekosistem bawah laut," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Ratusan Pelajar SMA Al Kahfi Bogor Melakukan Penanaman Bibit Mangrove" ?