image 1

Tidung

Sudin KPKP Kabupaten Kepulauan Seribu Vaksinasi Ratusan Kucing di Pulau Tidung

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 31 May 2023
Dilihat | 146x


Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu vaksinasi 128 ekor kucing di Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, kegiatan yang melibatkan Yayasan Let's Adopt Indonesia, untuk menekan populasi kucing yang sudah berlebihan.

“Kegiatan ini gratis bagi kucing-kucing berpemilik dan tak berpemilik. Kami juga melakukan sterilisasi dalam upaya pengendalian dan mengantisipasi over populasi kucing. Hal ini juga menjadi tantangan mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies," kata Devi, Rabu (31/05/2023).

Devi menjelaskan, 128 kucing yang divaksin dan disterilisasi di antaranya 51 ekor kucing jantan dan 77 kucing betina. Tenaga kesehatan yang dikerahkan dalam kegiatan sebanyak tiga orang bersama relawan lainnya.

"Selain menekan populasi, kami juga ingin masyarakat lebih peduli pada kucing peliharaan mereka maupun kucing jalanan. Kami juga mengajak masyarakat untuk bergerak steril kucing minimal yang ada di sekitar lingkungannya," ucapnya.

Devi menambahkan, vaksinasi dan sterilisasi Hewan Penular Rabies (HPR) ini dilakukan apalagi hewan tersebut telah memenuhi syarat seperti kondisi sehat, untuk vaksinasi kucing dimulai pada usia 8-9 minggu, sementara steril dimulai pada kucing jantan berumur 7 bulan dan kucing betina berusia 5 bulan, kemudian hewan memiliki berat 1,6-2 kilogram.

"Kegiatan ini akan kami laksanakan secara bergiliran di masing-masing pulau. Awal Mei lalu kami telah laksanakan di Pulau Pramuka berhasil dilakukan terhadap 85 ekor kucing. Melalui kegiatan ini diharapkan capaian zero persen rabies di wilayah Jakarta dapat tercapai," tandas Devi.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin KPKP Kabupaten Kepulauan Seribu Vaksinasi Ratusan Kucing di Pulau Tidung" ?