image 1

Tidung

Ratusan Peserta Ikuti Kegiatan Coral Triangle Day di Pulau Tidung Kecil

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 08 Jun 2023
Dilihat | 132x


Sebanyak 100 peserta mengikuti kegiatan hari segitiga terumbu karang (coral triangle day), yang diselenggarakan Dinas KPKP DKI Jakarta di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta dibimbing dan dipandu oleh kelompok budidaya ikan (Pokdakan) Tidung Sejahtera, yang bersinergi dengan, Loka PSPL Serang-KKP BKSDA KLHK, PT. Taman Impian Jaya Ancol, Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI), Divers Clean Action dan Marine Buddies Jakarta.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, edukasi budidaya rumput laut ini merupakan kegiatan aksi coral triangle day yang diselenggarakan mulai 7-8 Juni. Dalam edukasi ini, peserta diberikan pengetahuan terkait jenis rumput laut, pengikatan bibit hingga penanaman di kebun rumput laut.

"Kita ajak mereka turun langsung ke kebun rumput laut milik Pokdakan, agar bisa merasakan secara langsung menanam bibit rumput laut ini. Terlihat mereka antusias dan bahagia," ujar Devi, Kamis (08/06/2023).

Devi melanjutkan, melalui kegiatan ini peserta dapat menambah kepedulian dan kesadaran terhadap kelestarian ekosistem laut. Serta, mereka juga dapat mempromosikan destinasi wisata Kepulauan Seribu kepada masyarakat umum. Pihaknya, juga mengucapkan terima kasih kepada kolaborator yang telah terlibat dalam kegiatan ini.

"Kegiatan ini membuktikan, Kepulauan Seribu tidak hanya sebagai destinasi wisata namun sebagai edukasi untuk saling menjaga ekosistem laut," terang Devi.

Sementara itu, salah satu peserta, Natasya Veronica (17) Pelajar SMKN 27 Jakarta mengaku senang, karena banyak ilmu dan pengalaman baru yang didapatkan.

"Sangat senang, karena dapat ilmu baru dan juga teman baru dari sekolah lainnya. Ini kunjungan saya yang pertama, ternyata di Jakarta ada wisata yang indah penuh dengan kekayaan alam dan ekosistem laut," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Aditya (18) pelajar SMA 69 Jakarta, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Dinas KPKP DKI Jakarta dan Sudin KPKP Kepulauan Seribu yang telah mengajak dan mengedukasi secara langsung cara budidaya rumput laut, transplantasi terumbu karang dan lainnya.

"Banyak ilmu yang didapat selama dua hari, saya mewakili teman-teman sangat berterima kasih. Selain ilmu, kita juga diberikan kenang-kenangan bahkan sertifikat," pungkas Adit.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Ratusan Peserta Ikuti Kegiatan Coral Triangle Day di Pulau Tidung Kecil" ?