image 1

Tidung

Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Selenggarakan Posbindu PTM

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 15 Jun 2023
Dilihat | 108x


Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara kembali menggelar layanan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kegiatan yang dilakukan mulai 13-19 Juni 2023, diselenggarakan di RPTRA Arung Palakka Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Nur Rahmat mengatakan, kegiatan Posbindu PTM digencarkan guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini faktor risiko PTM.

"Sasaran kami mulai dari usia 15 hingga 59 tahun. Usia 59 tahun ke atas dianjurkan rutin ikuti layanan di Posyandu Lansia," katanya, Kamis (15/06/2023).

Nur menjelaskan, dalam pelayanan ini, pihaknya mengerahkan tiga tenaga kesehatan dibantu kader kelurahan. Selama dua hari, tercatat sudah 108 warga yang dilayani dalam layanan tersebut.

"Kita lakukan pelayanan secara door to door untuk memberikan kemudahan bagi warga, khususnya lansia," tuturnya.

Nur menambahkan, dalam layanan Posbindu PTM, kesehatan warga diperiksa mulai dari gula darah, tensi darah, kolestrol asam urat hingga pengukuran lingkar perut, berat badan dan tinggi badan.

"Target kita bisa di atas 50 orang. Layanan ini akan kami lanjutkan besok di RW 04 dan 05," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Kelapa, Muslim menyambut baik layanan ini di wilayahnya. Layanan tersebut dinilai amat diperlukan untuk mengendalikan faktor risiko penyakit tidak menular agar tidak berlanjut menjadi penyakit.

"Lebih baik mencegah dan deteksi dini. Mari kita jaga kesehatan diri dan keluarga," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Selenggarakan Posbindu PTM" ?