image 1

Tidung

Puluhan Grup Seni Religi Ikuti Lomba Apresiasi dan Seni Nuansa Religi 2023

Kategori | Seni Dan Budaya
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 06 Jul 2023
Dilihat | 143x


Sebanyak 22 grup seni religi di Kepulauan Seribu mengikuti lomba Apresiasi dan Seni Nuansa Religi 2023, yang digelar di Plaza Kabupaten, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, Kamis (06/07/2023).

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi menilai, kegiatan ini dapat meningkatkan dan menggali sumber dari pada seni kearifan lokal di Kepulauan Seribu, sehingga kesenian religi ini dapat terus dijaga dan dilestarikan agar bisa terus dikembangkan oleh generasi muda bangsa.

"Kami apresiasi Sudin Kebudayaan Kepulauan Seribu yang telah mengadakan kegiatan ini, mudah-mudahan ini dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kesenian religi, sekaligus memotivasi sanggar di Kepulauan Seribu yang tidak kalah dengan di kota," kata Junaedi saat membuka lomba Apresiasi dan Seni Nuansa Religi 2023.

Junaedi melanjutkan, ke depannya para grup ini juga bisa bekerja sama dengan resort maupun homestay di Kepulauan Seribu untuk menyambut wisatawan yang datang, sehingga para tamu akan terhibur dan daya tarik wisatawan akan meningkat.

"Saya ingin mereka ini bisa tampil di resort-resort, dengan begitu kebudayaan lokal kita bisa terangkat. Tentunya jumlah wisatawan yang ke Kepulauan Seribu juga bisa terus meningkat," tutur Junaedi.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kepulauan Seribu, Tony Bako menjelaskan, pada kegiatan ini ada tiga seni musik yang dilombakan yakni seni musik hadroh, marawis dan qasidah. Peserta yang mengikuti sebanyak 22 grup dari 16 sanggar, terdiri dari sembilan grup Hadroh, enam grup Marawis dan tujuh grup Qasidah. Total peserta 244 orang dari enam Kelurahan di wilayah Kepulauan Seribu.

"Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan minat seni budaya di tengah-tengah masyarakat dan juga generasi muda, khususnya meningkatkan kreatifitas diri dan gairah berkesenian," ujarnya.

Tony menambahkan, nantinya para juara 1,2, dan 3 pada kompetisi ini akan maju untuk mewakili Kabupaten Kepulauan Seribu di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Ia juga mengharapkan kegiatan ini bisa terus digelar tiap tahunnya.

"Tahun lalu Kepulauan Seribu mendapatkan juara Qasidah dan Hadrah di Tingkat Provinsi, semoga tahun ini bisa lebih semangat dan memberikan yang terbaik sehingga bisa kembali membawa juara,"tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Puluhan Grup Seni Religi Ikuti Lomba Apresiasi dan Seni Nuansa Religi 2023" ?