image 1

Tidung

Puluhan Pelaku Usaha di Kelurahan Pulau Panggang Ikuti Pelatihan Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro

Kategori | Perekonomian
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 12 Jul 2023
Dilihat | 165x


Sebanyak 30 pelaku usaha di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mengikuti pelatihan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Mikro melalui vokasi di sektor pariwisata.

Kegiatan yang diselenggarakan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Kepulauan Seribu, dilakukan sejak 10-12 Juli di ruang pola Taman Nasional Pulau Pramuka.

Kepala Sudin PPKUKM Kepulauan Seribu, Bangun Richard mengatakan, pelatihan ini diberikan untuk memotivasi pelaku usaha agar lebih kreatif dan inovatif, meningkatkan kualitas produk, serta mendorong transformasi digital pelaku usaha mikro melalui pemasaran dalam ekosistem digital.

"Tentunya pelatihan ini memberikan peluang dalam memperluas jaringan usaha, sekaligus berkontribusi dalam memajukan perekonomian wilayah," kata Richard, Rabu (12/07/2023).

Richard menambahkan, pelatihan yang diberikan kepada 30 pelaku usaha Pulau Panggang dan Pulau Pramuka ini nantinya akan menjadi binaan jakpreuner Sudin PPKUKM Kepulauan Seribu.

"Pelatihan yang diberikan bersifat soft skill dan hard skill, hari pertama peserta diberikan pembekalan secara teori, hari kedua dan ketiga praktek pembuatan produk dan pemasaran," jelasnya.

Richard mengharapkan, setelah mendapatkan pencerahan, pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang diperoleh, peserta semakin konsisten dan yakin dalam menjalankan usahanya dan bisa beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang ada. Menurutnya, UMKM memiliki peran sangat penting sebagai sendi utama perekonomian nasional khususnya di DKI Jakarta.

"Saya selalu berpesan kepada pelaku usaha untuk sungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis, melalui pelatihan ini mereka dapat bangun jejaring atau kolaborasi bisnis dengan para peserta yang lain. Terus berikhtiar guna memajukan UMKM di Indonesia," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Puluhan Pelaku Usaha di Kelurahan Pulau Panggang Ikuti Pelatihan Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro" ?