image 1

Tidung

BPS Kepulauan Seribu Menyelenggarakan Pelatihan Petugas PL-KUMKM Tahun 2023

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 07 Sep 2023
Dilihat | 123x


Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Seribu menyelenggarakan pelatihan petugas Pendataan Lengkap Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PL-KUMKM) Tahun 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan di Swiss Hotel, Jakarta berlangsung sejak 7-8 September, dengan peserta berjumlah 36 orang dari Kabupaten Kepulauan Seribu.

Tercatat, dalam pembukaan pelatihan petugas PL-KUMKM 2023 yang dilakukan langsung Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan, turut dihadiri, Plt BPS Provinsi DKI Jakarta Dwi Pramita Dewi, Kepala BPS Kepulauan Seribu, Alfhonso Triantoro dan tamu undangan lainnya.

"Saya menyambut baik dan mendukung penuh upaya kerja sama yang dilakukan BPS dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk memperkuat pendataan Koperasi dan UMKM di seluruh Indonesia umumnya dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu khususnya," ujar Fadjar.

Fadjar menilai, kerja sama ini dilakukan dalam rangka mendukung Program Prioritas Nasional, yaitu membangun basis data tunggal KUMKM melalui PL-KUMKM yang diagendakan dari tahun 2022 hingga 2024.

"Diharapkan hasil dari PL-KUMKM tahun 2023 ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan terhadap Koperasi dan UMKM utamanya di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu," ujarnya.

Fadjar menambahkan, ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan mudah diakses khususnya di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu untuk mendapatkan gambaran profil KUMKM yang komprehensif.

"Dukungan data KUMKM yang berkualitas itu tentunya sangat membantu kami dalam mengevaluasi dan merumuskan kebijakan yang sudah dan akan diambil. Silahkan manfaatkan waktu pelatihan ini, ikuti SOP pelatihan dan pendataan yang sudah ditetapkan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kepulauan Seribu, Alfhonso Triantoro mengatakan, dalam penyediaan data ini dilakukan oleh tenaga-tenaga profesional dan dirilis oleh lembaga yang diberikan kewenangan oleh negara yang untuk merilis statistik resmi yaitu BPS. 

"Kami menyiapkan tenaga-tenaga profesional, maka BPS menyelenggarankan pelatihan petugas dalam hal ini PL-KUMKM 2023 selama dua hari, diikuti sebanyak 36 orang yang 28 orang sebagai tenaga pencacah," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "BPS Kepulauan Seribu Menyelenggarakan Pelatihan Petugas PL-KUMKM Tahun 2023" ?