image 1

Tidung

Kelurahan Pulau Kelapa Lakukan Verifikasi Data Carik Telisik

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 07 Sep 2023
Dilihat | 109x


Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, melakukan verifikasi data Carik Telusur Spesifik  (Telisik) untuk ratusan Nomor Induk Keluarga (NIK).

Lurah Pulau Kelapa, Muslim mengatakan, pelaksanaan verifikasi ini dilakukan sejak 1-10 September, namun sebelum diinput kembali ke aplikasi Carik Telisik, petugas melakukan pendataan lapangan terlebih dahulu.

"Kegiatan ini melibatkan 10 orang perwakilan dari jajaran kelurahan, kader Dasawisma, PKK, dan pengurus RT/RW. Kami berkeliling melakukan verifikasi secara door to door untuk memastikan validitas datanya," ujar Muslim Kamis (07/09/2023).

Muslim menjelaskan, hingga 6 September data yang telah teridentifikasi dan terinput sebanyak 603 NIK dari 799 NIK, untuk itu pihaknya terus mengerahkan semua petugas untuk mempercepat verifikasi ini.

"Saat di lapangan kami masih menemukan beberapa kasus, seperti ada NIK yang telah terdata di sistem tetapi warganya tidak ada, begitu sebaliknya, ada satu keluarga tetapi NIK-nya ganda. Hal ini yang harus kita selesaikan," tegasnya. 

Muslim menambahkan, pendataan ini merupakan tindak lanjut dari pendataan keluarga satu pintu untuk mengidentifikasi warga yang belum termutakhirkan untuk diketahui status keberadaannya secara de facto atau sesuai kondisi saat ini.

"Selama pendataan berjalan lancar, warga juga menyambut baik. Kami optimis kegiatan pendataan ini selesai sebelum tanggal targetnya," harapnya.

Sementara itu, Kader Dasawisma Kelurahan Pulau Kelapa, Haryati mengungkapkan, dirinya bersama para kader PKK, RT/RW tetap semangat melakukan pendataan untuk lima RW dan 31 RT. Hal ini dilakukan untuk mendukung program Pemprov DKI Jakarta membantu warga tak mampu. 

"Masih ada 196 NIK, kami tetap semangat untuk melakukan pendataan dan verifikasi," tandas Haryati.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kelurahan Pulau Kelapa Lakukan Verifikasi Data Carik Telisik" ?