image 1

Tidung

Pj Gubernur DKI Jakarta Resmi Membuka Flona Tahun 2023

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 15 Sep 2023
Dilihat | 45x


Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono secara resmi membuka Pameran Flora dan Fauna (Flona) Jakarta Tahun 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Pemeran Flona tahun ini mengusung tema "Jakarta Berseri Menuju Indonesia Lestari".

Heru berharap, Pameran Flona 2023 yang digelar mulai 15 September-16 Oktober 2023 menjadi ruang edukasi dan hiburan bagi masyarakat.

"Pameran Flona ini sangat bagus karena ada edukasi untuk masyarakat, khususnya anak-anak sekolah. Juga ada stan pameran dari tingkat kota/kabupaten serta Dinas Pertamanan. Jadi, kegiatan ini bagus untuk hiburan masyarakat Jakarta," ujarnya, Jumat (15/09/2023).

Heru menginginkan, dengan adanya Pameran Flona 2023 akan lebih banyak masyarakat melakukan penghijauan dengan membeli bibit pohon. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang gencar melakukan penanaman pohon di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Bayu Meghantara menambahkan, pada Pameran Flona tahun ini terdapat 167 stan. Rinciannya, tujuh stan dari instansi Pemprov DKI Jakarta, yaitu Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, kota dan kabupaten, serta Taman Margasatwa Ragunan. Kemudian, 122 stan flora, lima stan fauna, tiga stan herbal, serta 30 stan kuliner. 

"Stan wilayah kota dan kabupaten memiliki tema yang sama sebagai perwujudan Jakarta Berseri Menuju Indonesia Lestari. Namun, desain dan pengembangan untuk setiap stan disesuaikan dengan konsep masing-masing wilayah," terangnya.

Bayu menjelaskan, untuk stan flora dan fauna terdiri dari pelaku kewirausahaan di bidang pertamanan dan hutan kota, antara lain stan tanaman hias, tanaman buah, satwa peliharaan, tanaman obat, serta makanan dan minuman.

Selain itu, ada pula ruang komunitas yang dihadirkan sebagai bentuk sinergi dengan masyarakat untuk menampilkan inovasi dan kreativitas, seperti workshop dan instalasi seni maupun beragam perlombaan yang akan ditampilkan di setiap akhir pekan.

"Tema yang diangkat dalam rangka mempersiapkan Jakarta menuju kota modern, hijau, asri dan nyaman. Untuk itu, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota secara konsisten melakukan penghijauan dengan penanaman pohon di seluruh wilayah kota," ungkapnya.

Menurutnya, tercatat total penanaman pohon dan tanaman sejak Oktober 2022 sampai pekan pertama September 2023 mencapai 224.758 pohon dan 5.683.835 tanaman hias.

"Penanaman ini dilakukan bersinergi dengan wali kota dan bupati, Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, maupun pihak swasta," ucapnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pj Gubernur DKI Jakarta Resmi Membuka Flona Tahun 2023" ?