image 1

Tidung

Kabupaten Kepulauan Seribu Menerima Kunjungan Lapangan Tim Verifikasi KKS Tingkat Nasional

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 20 Sep 2023
Dilihat | 73x


Kabupaten Kepulauan Seribu menerima kunjungan lapangan Tim Pembina dan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tingkat Nasional 2023, yang diselenggarakan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Rabu (20/09/2023).

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan tim verifikasi KKS 2023, untuk melihat kesiapan Kabupaten Kepulauan Seribu dalam penghargaan Swastisaba, di mana Kelurahan Pulau Untung Jawa dipilih mewakili lima kelurahan lainnya sebagai lokus dalam kunjungan tersebut.

"Dipilihnya Kelurahan Pulau Untung Jawa karena jaraknya dekat dengan daratan Jakarta dan sarana dan prasarana di sini cukup merepresentasikan dari lima kelurahan lainnya," ujar Junaedi.

Junaedi menambahkan, kebutuhan dasar dari pemerintah untuk warga Kepulauan Seribu sudah hampir terpenuhi, mulai dari air bersih di tiap pulau penduduk sudah terdapat Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), kemudian kebutuhan listrik 24 jam dan jaringan internet bahkan pengelolaan limbah. Kemudian pemenuhan pendidikan bagi masyarakat Pulau dari tingkat dasar hingga atas, serta terkait kesehatan telah ada Puskesmas dan RSUD.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada jajaran Kelurahan dan warga yang bahu-membahu menciptakan kampung sehat, semoga kegiatan ini bisa dikembangkan dan dilanjutkan, dengan begitu sumber pendapatan juga akan meningkat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Penyehatan Udara Tanah dan Kawasan, Kemenkes, Ely Setyawati menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan validasi fisik yang merupakan lanjutan verifikasi KKS sebelumnya. Semoga penilaian ini dapat memberikan keberhasilan dan kesuksesan bagi Kepulauan Seribu.

Lanjutnya, ada beberapa penilaian tatanan di antaranya, kehidupan masyarakat, permukiman dan rumah, sekolah/madrasah sehat, pariwisata sehat, transportasi (kapal), perlindungan sosial dan pencegahan penanganan bencana. 

"Saya apresiasi yang telah dilakukan Kabupaten Kepulauan Seribu, ini merupakan implementasi pembangunan dalam mewujudkan kampung sehat, semoga hasil dari penilaian ini dapat mewujudkan mimpi DKI Jakarta memperoleh penghargaan Swastisaba," kata Ely.

Menanggapi hal ini, Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Haryadi memberikan apresiasi dan terima kasih kepada tim pembina KKS pusat, mengingat Kabupaten Kepulauan Seribu mewakili Pemprov DKI Jakarta dalam program ini.

"Kami selaku pembina terus mendukung, dengan harapan DKI Jakarta bisa mendapatkan terbaik di tingkat Nasional," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kabupaten Kepulauan Seribu Menerima Kunjungan Lapangan Tim Verifikasi KKS Tingkat Nasional" ?