image 1

Tidung

Sudin PPAPP Selenggarakan Rapat Sinkronisasi TKPK

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 26 Sep 2023
Dilihat | 105x


Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kepulauan Seribu menyelenggarakan rapat sinkronisasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) di Ruang Penyu, Gedung Mitra Praja, Jakarta, Selasa (26/09/2023).

Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Eric PZ Lumbun mengatakan, rapat ini diselenggarakan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dalam rangka mewujudkan target yang ditetapkan Presiden yakni 0 persen.

"Sinergisitas seluruh komponen masyarakat menjadi penting dalam rangka mengurai dan mewujudkan target tersebut, guna mendukung pembangunan nasional," kata Eric saat membuka rapat sinkronisasi TKPK.

Eric menjelaskan, tahun ini menjadi tahun percepatan dalam penanganan kemiskinan dan stunting, sehingga seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam TKPK Kepulauan Seribu untuk merumuskan dan melakukan terobosan efektif, sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan dan stunting secara signifikan.

"Kepala UKPD untuk saling berkoordinasi secara intensif dalam intervensinya. Selain itu, upaya secara simultan juga harus dilakukan oleh para camat dan lurah, yang memberikan prioritas utama pada penanganan kemiskinan ektrem dan pencegahan stunting," tuturnya.

Eric menambahkan, langkah percepatan penanganan kemiskinan ini tepat sasaran, di mana TKPK Kepulauan Seribu mampu mendiagnosa kondisi kemiskinan dan kerentanan masyarakat miskin ekstrem.

"Intervensi kemiskinan berbasis karakteristik wilayah ini akan mampu menyelesaikan permasalahan secara tepat sasaran," katanya.

Sementara itu, Kepala Sudin PPAPP Kepulauan Seribu, Simon Baginda Pardomuan mengatakan, TKPK Kepulauan Seribu merupakan wadah koordinasi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan, untuk penanggulangan kemiskinan di Kepulauan Seribu, mengingat jumlah kemiskinan ekstrem di wilayah Kepulauan Seribu sebanyak 111 Kepala Keluarga (KK).

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun rencana penanggulangan kemiskinan daerah dan rencana aksi kabupaten," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin PPAPP Selenggarakan Rapat Sinkronisasi TKPK" ?