image 1

Tidung

Sudin Kebudayaan Kepulauan Seribu Selenggarakan FGD Penulisan Sejarah Lokal

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 27 Sep 2023
Dilihat | 48x


Sudin Kebudayaan Kepulauan Seribu menggelar Focus Group Discussion (FGD) penulisan sejarah lokal, yang diselenggarakan di Ruang Penyu Gedung Mitra Praja, Jakarta, Rabu (27/09/2023).

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan mengatakan, sejarah lokal sangat penting dalam pembelajaran sejarah selain sebagai identitas, juga dapat memperkenalkan tentang lingkungan sekitar dengan menyajikan seni dan budaya, serta peninggalan-peninggalan sejarah sebagai wujud budaya dan dapat mengetahui pola kehidupan masyarakat dan keanekaragaman budaya di Kepulauan Seribu.

"Sejarah dan peristiwa serta seni budaya akan mengantarkan masyarakat mengenal dan mengetahui lebih dalam tentang tradisi, adat istiadat, ketokohan, sosial dan budaya di Kepulauan Seribu," kata Fadjar.

Fadjar menambahkan, penulisan buku sejarah lokal ini menjadi penting karena masih minimnya buku tentang sejarah dan budaya di Kepulauan Seribu, sehingga Kabupaten Kepulauan Seribu mengapresiasi Sudin Kebudayaan Kepulauan Seribu yang akan menerbitkan buku sejarah.

Sementara itu, Kepala Sudin Kebudayaan Kepulauan Seribu, Tonny Bako mengatakan, sebelum nanti bukunya diterbitkan, perlu dikaji bersama dengan melibatkan narasumber dari unsur akademisi, Dewan Kabupaten maupun tokoh masyarakat Kepulauan Seribu sehingga menghasilkan buku yang sempurna.

"Penulisan buku sejarah lokal tahun ini mengangkat tentang sejarah Pulau Tidung dan Pulau Panggang. Ke edepannya nanti mengangkat pulau-pulau lain," kata Tonny.

Tonny menilai, penulisan buku sejarah lokal lebih ke sejarah budaya seperti kuliner, tari-tarian dan ritualnya yang mempunyai nilai sejarah yang harus kita lestarikan.

"Peluncuran buku sejarah lokal ini rencananya  akan dipublikasikan pada perayaan HUT Kabupaten Kepulauan Seribu pada 9 November mendatang," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin Kebudayaan Kepulauan Seribu Selenggarakan FGD Penulisan Sejarah Lokal" ?