image 1

Tidung

Kabupaten Kepulauan Seribu Selenggarakan Bimtek Penguatan PUG

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 29 Sep 2023
Dilihat | 22x


Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) termasuk perencanaan penganggaran responsif gender, yang diselenggarakan di Gedung Mitra Praja, Jakarta, Jumat (29/09/2023).

Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Eric PZ Lumbun mengatakan, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk mewujudkan PUG dengan strategi memasukkan isu gender dalam semua aspek pembangunan, yang merupakan sebuah upaya untuk menghilangkan hambatan-hambatan yang menyebabkan tidak tercapainya kesetaraan dan keadilan gender, seperti marginalisiasi, stereotype, subordinasi, kekerasan dan beban ganda. Pengarusutamaan Gender diperlukan sebagai salah satu strategi solutif melalui kebijakan dan program yang responsif gender untuk mewujudkan pembangunan yang dapat dinikmati secara efektif, akuntabel, serta berkeadilan oleh seluruh penduduk.

"Berdasarkan hasil Pembahasan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Tahun Anggaran 2023 antara Ditjen Bina Pembangunan Daerah Pemberdayaan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ditetapkan bahwa target Anggaran Responsif Gender (ARG) Daerah disepakati minimal 2,5% pada Tahun 2023 dan harus meningkat di setiap tahunnya," kata Eric.

Eric menambahkan, untuk mendorong tercapainya target tersebut, dibutuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender (PUG) yang merupakan forum dialog dan pengambil keputusan tentang pelaksanaan PUG di provinsi dan terbentuknya vocal point di masing-masing SKPD. Pokja PUG menjadi sangat penting mengingat peran Pokja untuk menggerakaan SKPD dalam pelaksanaan PUG di provinsi.

"Pertemuan dan Penguatan Pokja PUG ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pemahaman, komitmen, serta peran masing-masing Aparatur Pemerintah Daerah tentang tugas pokok dan fungsi driver dan anggota Pokja PUG dalam pelaksanaan PUG di Provinsi DKI Jakarta," kata Eric.

Sementara itu, Kepala Sudin PPAPP Kepulauan Seribu, Simon Baginda Pardomuan mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Pokja PUG sebagai wadah konsultasi bagi pelaksanaan dan penggerak di setiap perangkat daerah di Provinsi DKI Jakarta serta meningkatkan komitmen anggota Pokja PUG sehingga diharapkan kebijakan program di setiap Perangkat Daerah menjadi Responsif Gender.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terwujudnya pembangunan yang memperhatikan keadilan gender melalui analisis gender terhadap masing-masing program pembangunan yang dilaksanakan di semua sektor pembangunan," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kabupaten Kepulauan Seribu Selenggarakan Bimtek Penguatan PUG" ?