image 1

Tidung

Puluhan Kelompok Masyarakat di Pulau Pramuka Ikuti Pembinaan KPA Kepulauan Seribu

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 06 Oct 2023
Dilihat | 26x


Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kepulauan Seribu menggelar pembinaan bagi kelompok masyarakat, terkait inisiasi tes dan pendampingan orang dengan HIV (ODHIV) di ruang aula RSUD Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara.

Sekretaris KPA Kepulauan Seribu, Poltak Munthe mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menekan dan menyelesaikan permasalahan kasus HIV/AIDS khususnya di Kepulauan Seribu.

“Kegiatan ini diikuti kurang lebih 20 orang perwakilan organisasi kemasyarakatan seperti Dewan Masjid Indonesia, kader PKK, Pokdarwis Puja Berhias, Forum Mahasiswa Kepulauan Seribu, Perhimpunan Remaja Masjid, Warga Peduli AIDS dan Kelompok Masyarakat Pengawas. Melalui kegiatan ini, diharapkan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap ODHIV, mengingat ODHIV mempunyai hak sama dengan kita semua dan harus memberikan support," kata Poltak, Jumat (06/10/2023).

Poltak menambahkan, selain sosialisasi intervensi ini, KPA Kepulauan Seribu melakukan tes HIV dan skrining kepada puluhan peserta itu, dengan melibatkan tiga petugas kesehatan RSUD Kepulauan Seribu.

"Hasil tes HIV yang dilakukan kepada peserta diketahui hasilnya negatif. Kami berharap, hasil kegiatan ini dapat disebarluaskan kepada masyarakat Pulau Pramuka dan Pulau Panggang," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanudin menilai, kegiatan ini sangat penting diberikan kepada masyarakat agar bisa membantu menekan angka kasus HIV/AIDS.

"Penanggulangan HIV/AIDS sudah menjadi tugas bersama. Semoga kasus HIV tidak ditemukan lagi di Pulau Panggang," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Puluhan Kelompok Masyarakat di Pulau Pramuka Ikuti Pembinaan KPA Kepulauan Seribu" ?