image 1

Tidung

Tingkatkan Infrastruktur, PHE OSES Meremajakan Pipa Minyak di Kawasan Kepulauan Seribu

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 24 Oct 2023
Dilihat | 75x


PT Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatra (PHE OSES), anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam industri minyak dan gas, telah melakukan proyek peremajaan pipa ambisius untuk meningkatkan keandalan infrastrukturnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran operasi produksi minyak dan gas serta menjaga lingkungan tetap aman.

Proyek peremajaan pipa PHE OSES adalah upaya besar dalam rangka memperbaharui dan memodernisasi jaringan pipa, yang telah melayani industri minyak dan gas di wilayah Lampung Timur dan Kepulauan Seribu. Dengan fokus pada kualitas, efisiensi dan keberlanjutan, proyek ini menandai komitmen PHE OSES untuk menjaga infrastrukturnya tetap relevan dalam era industri energi yang terus berubah.

“Kita telah melakukan peremajaan pipa PHE OSES dengan panjang sekitar 51 km hingga September tahun 2023 di kawasan kerja, yang ada di Kepulauan Seribu dan Lampung Timur,” kata Senior Manager Relations Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, Agus Suprijanto saat Media Gathering Pertamina di Bandung, Selasa (24/10/2023).

Agus menjelaskan, salah satu aspek utama proyek ini adalah inspeksi dan evaluasi menyeluruh terhadap semua pipa yang ada, di mana melibatkan tim ahli teknik dan insinyur dari PHE OSES yang bekerja dengan cermat untuk menilai kondisi pipa dan mengidentifikasi bagian yang memerlukan peremajaan untuk mengurangi risiko kebocoran, korosi, dan kerusakan lainnya yang dapat menghambat operasi produksi.

PHE OSES juga telah mengintegrasikan teknologi pemantauan canggih, termasuk sensor IoT (Internet of Things), yang memungkinkan pemantauan kondisi pipa secara real-time. Ini tidak hanya membantu mendeteksi potensi masalah lebih awal, tetapi juga meningkatkan respons terhadap situasi darurat, memastikan keberlanjutan operasi produksi yang aman dan efisien.

“Kegiatan peremajaan pipa ini adalah langkah besar dalam menghadapi tantangan perawatan dan peningkatan infrastruktur di sektor minyak dan gas. PHE OSES berkomitmen untuk memastikan operasi kami tetap andal dan berkelanjutan, serta memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar. Proyek ini adalah bagian dari visi kami untuk mencapai keunggulan dalam industri energi," tutur Agus.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Tingkatkan Infrastruktur, PHE OSES Meremajakan Pipa Minyak di Kawasan Kepulauan Seribu" ?