image 1

Tidung

Sudin Kebudayaan Selenggarakan Hajatan Tradisi Budaya Kepulauan Seribu

Kategori | Seni Dan Budaya
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 25 Oct 2023
Dilihat | 95x


Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Kepulauan Seribu akan menggelar Hajatan Tradisi Budaya Kepulauan Seribu, yang diselenggarakan di Lapangan Alun-alun Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan pada 28-29 Oktober 2023. 

Kasi Pembinaan dan Pemanfaatan Sudin Kebudayaan Kepulauan Seribu, Triyadi Purnomo mengatakan, hajatan ini merupakan kegiatan tahunan, sebelumnya tahun 2022 pernah dihelatkan di Plaza Kabupaten, Pulau Pramuka. Selain itu, kegiatan ini juga untuk menyambut HUT Kabupaten Kepulauan Seribu ke-22 yang jatuh pada 9 November mendatang. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk melindungi dan menjaga warisan budaya dengan nilai-nilai filosofis kehidupan yang terkandung dalam bentuk tradisi seni budaya lokal. Sekaligus, mengembalikan tradisi seni budaya yang sudah jarang dilakukan masyarakat," ujar Triyadi, Rabu (25/10/2023).

Triyadi menjelaskan, hajatan tradisi budaya ini juga untuk menggali potensi dan bakat yang dimiliki masyarakat, karena dalam hajatan ini ada beberapa rangkaian acara seperti lomba kapal hias, lomba memasak olahan hasil laut, kesenian drama kolosal hingga tari masal.

"Ada beberapa kegiatan, seperti lomba kapal hias tujuannya agar masyarakat lebih kreatif dan dapat mempercantik kapal sebagai alat transportasi untuk mengantar wisatawan. Lalu, ada lomba memasak agar mereka dapat menyajikan menu kuliner khas pulau yang enak, lezat dan disukai oleh wisatawan," tuturnya. 

Triyadi menambahkan, sasaran peserta dalam kegiatan ini seluruh lapisan masyarakat dari enam kelurahan mulai dari siswa SD, SMP, SMA/SMK, mahasiswa dan masyarakat umum. Para peserta lomba pun dapat mendaftarkan dirinya atau grup mereka melalui link https://bit.ly/RegistrasiLombaHajatanTradisi2023.

"Kegiatan ini juga akan dimeriahkan pawai budaya dari enam kelurahan, bazar UMKM, pameran budaya dan pemeriksaan kesehatan gratis. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Kepulauan Seribu," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin Kebudayaan Selenggarakan Hajatan Tradisi Budaya Kepulauan Seribu" ?