image 1

Tidung

RW 05 Kelurahan Pulau Panggang Raih Trofi Proklim Kategori Utama

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 26 Oct 2023
Dilihat | 41x


RW 05 Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, berhasil meraih Trofi Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya Bakar saat acara Festival Iklim Tahun 2023 yang bertemakan Bergerak Bersama Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca pada 24 Oktober lalu.

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat Suku Dinas LH Kepulauan Seribu, Riza Lestari Ningsih mengaku, pihaknya merasa bangga dengan capaian tersebut.

"Alhamdulillah, RW 05 di Pulau Pramuka berhasil membawa Trofi Proklim Utama, ini yang pertama dan suatu kebanggaan bagi Kabupaten Kepulauan Seribu maupun Pemprov DKI Jakarta," ujar Riza, Kamis (26/10/2023).

Riza menjelaskan, selain RW 05 Kelurahan Pulau Panggang, terdapat juga tiga RW yang meraih sertifikat Proklim Utama, yakni RW 01 Kelurahan Pulau Untung Jawa, RW 03 Kelurahan Pulau Panggang dan RW 03 Kelurahan Pulau Harapan.

"Semoga penghargaan ini semakin memacu rukun warga wilayah lainnya, untuk terus melakukan kegiatan dalam pelestarian lingkungan. Dengan begitu, wilayah lainnya bisa menerima apresiasi serupa dan keberlanjutan alam di wilayah masing-masing," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Pramuka, Hermansyah, yang menerima langsung penghargaan merasa bahagia dan kagum, bahwa upaya yang telah dilakukan warga RW 05 bersama jajaran kelurahan dalam penguatan aksi lokal pengendalian perubahan iklim lingkup terwujud.

"Terima kasih atas dukungan seluruh stakeholder, ke depan kita akan menargetkan meningkatkan pencapaian penghargaan menjadi Proklim Lestari, dengan melakukan pembinaan-pembinaan Proklim di 15 RW yang menyebar di wilayah Kepulauan Seribu," ucapnya.

Hermansyah menambahkan, melalui penghargaan ini dapat memberi manfaat bagi warga sekitar serta Kabupaten Kepulauan Seribu dapat memberikan prioritas dan perhatian lebih untuk melaksanakan pengembangan wilayah di RW 05 Pulau Pramuka.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "RW 05 Kelurahan Pulau Panggang Raih Trofi Proklim Kategori Utama" ?