image 1

Tidung

Kabupaten Kepulauan Seribu Selenggarakan Rakor Penguatan Pencegahan dan Penanganan TPPO

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 28 Nov 2023
Dilihat | 18x


Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan rapat koordinasi (rakor) Penguatan Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), yang diselenggarakan di Gedung Mitra Praja, Jakarta Utara, Selasa (28/11/2023).

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan menuturkan, TPPO merupakan kejahatan serius yang melanggar Hak Asasi Manusia, perbuatan ini juga sebagai bentuk perbudakan modern dan bertentangan dengan martabat kemanusiaan.

"Penanganan TPPO ini bersifat kompleks, di mana penanganan terhadapnya memerlukan pemetaan yang komprehensif," katanya.

Fadjar menambahkan, keseriusan pemerintah dan keterlibatan seluruh elemen diharapkan dapat berkontribusi secara partisipatif, dalam upaya pemberantasan TPPO khususnya di wilayah Kepulauan Seribu.

"Diharapkan Satgas Pencegahan dan Penanganan TPPO Kepulauan Seribu berkomitmen penuh, termasuk mengoptimalkan upaya pencegahan dan penanganan TPPO secara komprehensif mulai dari koordinasi, advokasi, sosialisasi, monev serta pelaporan yang melibatkan multi sektor secara intensif," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sudin PPAPP Kepulauan Seribu, Simon Baginda Pardomuan mengatakan, rakor ini melibatkan Satgas Pencegahan dan Penanganan TPPO Kepulauan Seribu, di mana menghadirkan narasumber dari Pengurus Jaringan Nasional Anti Perdagangan Orang, Tim 15 Gereja Ramah Anak dan Dewasa Rentan KAJ, Robert B. Triyana, serta dari Divisi Aftercare Yayasan Our Indonesia, Suarni Daeng Caya.

"Berdasarkan data dua tahun terakhir, tidak ditemukan tindak pidana perdagangan orang atau trafficking di Kepulauan Seribu," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kabupaten Kepulauan Seribu Selenggarakan Rakor Penguatan Pencegahan dan Penanganan TPPO" ?