image 1

Tidung

Antisipasi Musim Penghujan, Kelurahan Pulau Untung Jawa Selenggarakan Gerebek Sampah

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 30 Nov 2023
Dilihat | 21x


Petugas gabungan Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan melakukan kegiatan grebek sampah.

Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan menuturkan, memasuki musim hujan, perairan Kepulauan Seribu khususnya di perairan Pulau Untung Jawa menerima cukup banyak sampah kiriman yang terbawa melalui aliran sungai dan kali di Jakarta.

"Sampah-sampah ini datang dari kali dan sungai yang ada di Tangerang, Muara Angke dan Kamal, untuk menangani banyaknya sampah itu, petugas gabungan Kelurahan Pulau Untung Jawa bersama petugas kebersihan pesisir pantai Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH-red) Kepulauan Seribu melakukan gerebek sampah di pesisir," ujarnya, Kamis (30/11/2023).

Sidartawan menjelaskan, untuk menangani sampah yang berserakan di wilayahnya, sebanyak 79 orang dikerahkan terdiri dari 45 personil PPSU, 26 personel Sudin LH, empat orang dari RPTRA dan BKSDA.

Lanjut Sidartawan, sampah kiriman tersebut berupa potongan batang kayu, bambu, sampah plastik kemasan, kaleng, hingga sterefoam. Diimbau kepada seluruh warga Jakarta untuk selalu menjaga lingkungan, tidak membuang sampah secara sembarangan.

"Apabila tidak menjaga lingkungan, tentunya akan berdampak kepada kita yaitu warga pulau dengan banyaknya sampah yang menumpuk. Kita pun selalu mengedukasi wisatawan yang berkunjung ke pulau untuk menjaga agar pulau tetap bersih," tegasnya.

Sementara itu, Kasi Peran serta Masyarakat dan Penataan Hukum Sudin LH Kepulauan Seribu, Riza Lestari Ningsih menambahkan, sampah yang berhasil diangkut dari dua lokasi Pantai Taman Arsa dan  Dermaga Utama sebanyak 21.984 kilogram. Para petugas pun membersihkan dari pagi hingga sore hari.

"Selain dua titik yang dibersihkan, ada empat titik lainnya yang terdampak yaitu Kuala BKSDA Barat, Pantau Pujasera, Docking Kapal, dan Kolam Labuh," terangnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Antisipasi Musim Penghujan, Kelurahan Pulau Untung Jawa Selenggarakan Gerebek Sampah" ?