image 1

Tidung

Dekranasda Kabupaten Kepulauan Seribu Selenggarakan Pelatihan Membatik

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 30 Nov 2023
Dilihat | 26x


Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan pelatihan membatik di Ruang Penyu Lantai 6 Gedung Mitra Praja, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023).

Ketua Dekranasda Kabupaten Kepulauan Seribu, Rita Susanti mengatakan, pelatihan membatik ini diikuti 20 peserta dengan tujuan untuk mencari warga pulau yang mempunyai bakat membatik, karena selama ini belum ada pengrajin batik dari Kepulauan Seribu.

"Hari ini kita mengundang pengrajin batik dari Tjempaka Gading untuk melatih cara membatik kepada para pengurus Dekranasda Kepulauan Seribu," kata Rita.

Rita berharap, Kepulauan Seribu mempunyai pengrajin batik sendiri dan bisa memproduksi batik, untuk dijual dan menambah ekonomi keluarga serta menambah ikon Kepulauan Seribu.

"Pelatihan ini berkelanjutan nanti diadakan di Pulau Pramuka di mana lebih banyak melibatkan peserta dari Dharma Wanita, PKK dan masyarakat untuk mencari yang mempunyai potensi membatik," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu narasumber Tjempaka Gading, Niken Ayu Reapati menuturkan, para peserta sangat antusias dan nyaman selama mengikuti pelatihan membatik terlihat tidak ada kesulitan dari para peserta. 

"Kita ajarkan teknik membatik dasar. Kalau dasarnya sudah benar lanjutannya sudah nyaman seperti dilihat semua peserta senang dan hasilnya juga bagus-bagus," katanya.

Niken menambahkan, untuk motif sendiri yang dikerjakan diambil dari kekayaan hayati yang ada di Kepulauan Seribu seperti ikan, kerang, kapal nelayan, terumbu dan karang. 

"Harapan saya kegiatan ini berkelanjutan sehingga para peserta bisa melanjutkan lagi untuk lebih berlatih sehingga target kami Kepulauan Seribu bisa memiliki pembatik sendiri. Sehingga nantinya bisa dijual dan menjadi oleh-oleh batik khas Kepulauan Seribu," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Dekranasda Kabupaten Kepulauan Seribu Selenggarakan Pelatihan Membatik" ?