image 1

Tidung

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Hadiri Kegiatan Pemusnahan Miras di Monas

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 30 Nov 2023
Dilihat | 43x


Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan menghadiri kegiatan pemusnahan 12.031 minuman keras (miras), yang diselenggarakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta di kawasan Monas, Jakarta Kamis (30/11/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono mengaku, kegiatan ini melibatkan Polda Metro Jaya, Komando Daerah Militer (Kodam) dan Badan Intelijen Negara (BIN).

“Pemprov DKI Jakarta berkomitmen dengan tegas terhadap segala hal yang berdampak mengganggu ketertiban masyarakat, salah satunya terkait miras dan kita secara tegas memusnahkannya. Ini adalah hasilnya dan harus kita musnahkan," ungkap Sekda Joko didampingi Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin.

Joko menambahkan, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, operasi serupa juga akan terus dilakukan.
”Kita melakukan operasi itu secara periodik, dikumpulkan di gudang, kemudian dalam periode tertentu juga kita musnahkan. Dan di Natal dan Tahun Baru kita akan melakukan operasi juga,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin menjelaskan, dasar penetapan peraturan terkait pemusnahan miras telah disepakati lima pengadilan negeri di masing-masing kota administrasi. Strategi yang dilakukan melalui tindakan pembinaan, pengendalian, pengawasan, dan penegakan hukum/penertiban secara terus-menerus yang dilakukan oleh Satpol PP di lima wilayah kota dan 44 Satpol PP di kecamatan.

"Kegiatan ini untuk memberikan gambaran ke masyarakat bahwa pemda terus-menerus berupaya melindungi masyarakat dari peredaran minumal beralkohol yang ilegal ataupun tanpa izin," jelas Kasatpol PP Arifin.

Upaya tersebut, kata Arifin, juga sebagai langkah untuk meminimalkan dan mengendalikan miras tanpa izin di wilayah DKI Jakarta dan melindungi masyarakat dari bahaya miras oplosan yang menyebabkan kematian.

"Sasaran operasi adalah pedagang miras yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta adanya kegiatan minuman oplosan," tambahnya.

Hasil penertiban minuman beralkohol ilegal/tanpa izin yang dilakukan Satpol PP terdiri dari berbagai merk. Dengan rincian Provinsi DKI Jakarta sebanyak 1.477 botol, Kota Administrasi Jakarta Pusat sebanyak 1.436 botol, Kota Administrasi Jakarta Utara sebanyak 2.601 botol, Kota Administrasi Barat sebanyak 3.306 botol, Kota Administrasi Jakarta Selatan 1.000 botol, dan Kota Administrasi Jakarta Timur sebanyak 2.211 botol.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Wakil Bupati Kepulauan Seribu Hadiri Kegiatan Pemusnahan Miras di Monas" ?